JOGJA – Memahami tentang bidang Hubungan Masyarakat (HUMAS) dan Protokoler, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UAD melalui Menteri Pemberdayaan Sumberdaya Mahasiswa (PSDM) mengadakan Pelatihan HUMAS dan Protokoler. Pelatihan diadakan di Auditorium A Kampus 3 UAD Jl. Prof. Supomo, Janturan, Warungboto, Umbulharjo, Kamis (6/12).

Kepala Bidang Kemahasiswaaan dan Alumni UAD, Danang Sukantar, S. Pd. M. Pd mengharapkan dengan adanya pelatihan HUMAS dan protokoler, mahasiswa-mahasiswi UAD ketika sudah menyelesaikan studi memiliki bekal untuk menangani acara-acara resmi. Terutama penulisan berita dari rangkaian kegiatan. Sehingga berguna untuk pembuatan laporan pertanggung jawaban dan pers rilis.

Menteri PSDM UAD, Rivandy Harahap mengatakan ihwal terlaksananya pelatihan HUMAS dan protokoler dilandasi oleh keresahan BIMAWA UAD akan kemampuan mahasiswa dalam mengurus kegiatan. Khususnya Organisasi Mahasiswa di lingkup UAD.

“Karena setiap ada event-event di lingkungan kampus, masih banyak mahasiswa yang cenderung kurang menguasai poin-poin penting dalam pelaksanaan event resmi misalnya kiat seorang MC itu apa saja atau bagaimana pengambilan nada lagu Indonesia Raya yang tidak fals bagi dirigen”, jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Dewi Mutiara Sakti menjelaskan pelatihan HUMAS dan Protokoler diagendakan selama dua hari tertanggal 5-6 Desember 2018 dengan total peserta 88 orang. Hari pertama difokuskan untuk pemberian materi kepada internal BEM UAD dan hari kedua mahasiswa umum.

Kemudian materi yang diangkat ialah mengenai keprotokoleran, MC, dirigen, pembuatan berita , dan penyajian makanan. (mg8/pra/fn)