Pergantian pucuk pimpinan juga terjadi di Polres Purworejo. AKBP Teguh Tri Prasetya digantikan AKBP Indra Kurniawan.

Teguh Tri mendapat amanah baru di Korlantas Mabes Polri. Indra sebelumnya menjabat Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Jateng.

Prosesi pisah sambut Kapolres di Mapolres Purworejo berlangsung meriah Kamis (6/12). Selain upacara pedang pora, pisah sambut ditandai dengan naik dokar. Bukan dokar biasa. Dokar hias.

Sebelum memasuki gerbang utama, Kapolres AKBP Indra disambut Wakapolres Kompol Andis Thofani. AKBP Teguh menunggu di aula untuk mengantarkan kapolres baru ke ruang krja kapolres di lantai dua.

Paur Humas Polres Purworejo Aipda Arif Budiwan menyatakan, pemanfaatan dokar untuk mengantarkan purna tugas Kapolres telah dilakukan dalam beberapa kali kesempatan. “Kami memang sengaja memanfaatkan dokar untuk memberikan kesan tersendiri. Dalam setiap kegiatan perpisahan seperti purna tugas, anggota juga memanfaatkan kendaraan tradisional,” tuturnya.

Dokar dihias khusus oleh Polwan Polres Purworejo. “Iya, memang tidak asal dokar. Sengaja dibuat lebih cantik,” tambahnya.

AKBP Teguh bersama istri, meninggalkan mapolres dengan menaiki dokar hias. Mereka menuju ke rumah dinas kapolres yang berjarak sekitar empat kilometer dari mapolres. (udi/amd/fn)