MUNGKID – Kapolres Magelang berganti. AKBP Hari Purnomo, yang menjabat sejak 1 Oktober 2017, digantikan AKBP Yudianto Adhi Nugroho.
Hari pindak tugas di Mabes Polri Jakarta sebagai Kasubag Pamkol. Sedangkan Yudianto sebelumnya bertugas di Polres Jepara.

Hari memberikan sejumlah catatan kepada kapolres baru. Menurutnya, masih banyak tantangan yang ada di wilayah Kabupaten Magelang. Beberapa hal yang perlu diantisipasi antara lain konflik sosial dan tawuran antarpelajar. Selain itu, tindak kriminalitas 3C yakni pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas), dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

“Terkait masalah 3C, beberapa kasus sudah berhasil kita ungkap. Namun ada beberapa kasus yang belum kita ungkap juga. Harapannya, beberapa kasus yang belum kita ungkap, bisa diungkap oleh Kapolres Magelang yang baru,” ujarnya di Mapolres Magelang Kamis (6/12).

Hari menegaskan, kapolres baru juga mesti melakukan antisipasi dalam rangka menghadapi Pemilu 2019. “Saat ini suhu politik sudah semakin memanas, khususnya di wilayah Kabupaten Magelang. Saya berharap Kapolres Magelang yang baru untuk membawa aura kebersamaan, kedamaian, dan kesejukan Pemilu 2019 di Kabupaten Magelang,” tuturnya.

Terpisah, Yudianto berjanji segera melakukan penyesuaian secara internal dan eksternal. Dia juga akan meminta saran dari mantan Kapolres Magelang.

“Tentunya kita akan segera melakukan giat (kegoatan) sowan kepada jajaran Forkopimda di Kabupaten Magelang. Kemudian ke tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, dan instansi terkait, sebagai orang baru dan menjalin silaturahmi kepada masyarakat untuk menyerap aspirasi masyarakat,” tandasnya. (dem/amd/fn)