JOGJA – Setelah lama ditunggu, akhirnya Pemkot Jogja mengumumkan peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang lolos seleksi kemampuan dasar (SKD). Total ada sebanyak 729 peserta yang akan mengikuti tes kemampuan bidang (SKB).

Kepala Bidang Pengembangan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Jogja Ari Iryawan mengatakan jumlah peserta tes SKB tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 61 tahun 2018. Aturan tersebut dikeluarkan untuk mengisi kekosongan formasi karena tidak ada peserta yang memenuhi nilai ambang batas awal.

“Jika ada kekosongan akan diisi tiga peserta dengan nilai paling rendah 255 untuk formasi umum dan 220 untuk formasi disabilitas dan umum,” katanya Rabu (5/12). Hasilnya dari 6.600 peserta tes SKD, ada 729 yang dinyatakan lolos.

Ari menambahkan setelah diumumkan jumlah peserta tes SKB, masih menunggu jadwal pelaksanaan tes. Untuk tes SKB pelaksanaanya sama dengan SKD. Melalui computer assited test (CAT). Tapi jadwalnya masih menunggu dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIJ. “Untuk DIJ kemungkinan minggu depan, Kota bisa jadi sesudahnya,” jelas dia.

Ari juga menjelaskan tes SKB merupakan proses terakhir dari rangkaian tes CPNS di lingkungan Pemkot Jogja. Peserta dengan nilai terbaik dalam CAT yang akan menjadi CPNS. (cr8/pra/fn)