JOGJA – Tim Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Fakultas Farmasi UAD berhasil meraih juara nasional. Mereka mampu mengalahkan 83 tim dari 30 perguruan tinggi se-Indonesia dalam Chemistry in Festival, yang diselenggarakan Fakultas MIPA Universitas Mataram, 22-25 November lalu.

Tim berformasikan Desty Restia Rahmawati , Diar Winanti dan Riska Nurkhasa didampingi dosen pembimbing Siti Fatmawati Fatimah, M. Sc., Apt. Mereka keluar sebagai juara dengan karya ilmiah, Moraphy: Prospek Kombinasi Buah Mengkudu (Morinda Citrafolia) dan Herba Meniran (Phyllantus niruri) dengan Formula Nanoenkapsulasi Berbasis Kitosan dan Pektin sebagai Inovasi Strategis Targeted Drug Delivery System untuk Terapi Hepatitis B yang Menjanjikan.

Desty, selaku ketua tim mengatakan persiapan mengikuti lomba hanya tiga minggu saja. Karena pelaksanaan eksekusi penelitian harus dilakukan setelah pengumuman juara diawal November hingga waktu eksekusi tanggal 27 November. Tim Moraphy juga diwajibkan membawa prototype sebagai gambaran untuk penilaian nantinya.

Menurut Desty, pemilihan judul karya ilmiah ini berawal dari ketertarikan mereka terhadap materi perkuliahan mengenai pencegahan virus Hepatitis B. Dia mengarapkan dengan penelitian ini mengasilkan obat penawar virus Hepatitis B tanpa efek samping.

“Menurut kami penyakit ini memiliki prekognisi untuk terjadi kematian”, jelasnya.

Wakil Dekan Fakultas Farmasi UAD Dr. Hari Susanti, M.Si., Apt. mengapresiasi atas raihan tim Moraphy. Dekanat juga mendukung impian dan harapan mahasiswa berprestasi di Fakultas Farmasi. Melalui peningkatan kualitas protokol pendukung bagi mahasiswa yang mengikuti lomba karya ilmiah.
“Bahkan dosen-dosen pembimbing bisa lewati waktu jam kerja untuk itu”, ungkapnya.

Kepala Bidang Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa), Danang Sukantar, S. Pd., M. Pd menambahkan, tim Moraphy berpotensi untuk kembali mengikuti lomba dengan skala lebih luas.

“Kami akan mempersiapkan mereka menghadapi lomba tahun 2019 nanti,” jelasnya. (mg8/pra/fn)