SLEMAN – Sebanyak 56 peserta terdiri atas 36 peserta Wushu Taolu dan 20 peserta Wushu Sanda mengikuti penataran juri wushu tingkat nasional. Penataran berlangsung 1 Desember dan berakhir 7 Desember di Crystal Lotus Hotel Jogjakarta.

Wakil Ketua Umum I PBWI Andi S mengaku tahun ini ada perubahan peraturan penjurian yang lebih ketat dari tahun-tahun sebelumnya. Dalam penataran ini peserta dituntut elajar dan mendapatkan materi teori dan praktik dan harus mengikuti ujian teori, praktek video penjurian, serta jurus atau perform.

Jam terbang wasit, tambah Andi, nantinya akan diperhitungkan. Juri senior maupun junior akan dikirim ke daerah untuk melakukan penilaian di sana. “Program nantinya akan diimbangi, agar junior bisa belajar dengan seniornya. Ada keseimbangan lah,” kata Andi saat ditemui di acara pembukaan.

Andi mengaku, tidak semua daerah di Indonesia telah memiliki juri wushu yang profesional. Seperti DIJ yang maju pada Wushu Taolu dan kurang pada Wushu Sanda. Dengan adanya penataran seperti ini, ke depan juri wushu di Indonesia akan semakin merata dan profesional. “Setiap daerah berbeda, ada pula yang kuat di semua kategori,” tambahnya.

Bapak Wushu Indonesia Mayjen TNI (Pur) I Gusti Kompyang Manila berharap dengan adanya acara seperti ini, juri wushu memiliki tujuan yang sama. “Karena dari lima juri saja pasti memiliki penilaian yang berbeda. Di sinilah event ini bertujuan untuk menyelaraskan para juri,” jelasnya IGK Manila.

IGK Manila menambahkan, wushu Indonesia harus menyelaraskan perkembangan wushu di mana IWUF (International Wushu Federation) menambahkan gerakan-gerakan wushu serta penilaian dan peraturan dalam permainan.

Wakil Ketua II Pengurus Provinsi Wushu Indonesia (PPWI) DIJ Ellyn Subiyanti sebagai pelaksana acara menyambut acara dua tahunan itu. Menurutnya, para juri wushu harus mengikuti acara penataran untuk mengetahui perkembangan wushu serta mempersiapkan diri untuk ajang kejuaraan nasional.

Pada penataran kali ini, PBWI mendatangkan tiga pengajar dari IWUF yaitu dua penatar untuk nomor Wushu Taolu, Mr Cai Gang dan Mrs Ma Ninqing. Sedangkan penatar untuk nomor Wushu Sanda adalah Mr Bu Naibin. (cr7/laz/fn)