JOGJa – Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Indonesia (Perbakin) Jogja menargetkan sebagai juara umum ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) XV DIJ 2019. Apalagi, Kota Jogja pada Porda XV kali ini bertindak sebagai tuan rumah.

Pada Porda XIV di Bantul, Pengkot Perbakin Kota Jogja berhasil meraih 7 medali emas. Atas jumlah emas yang diraih para atlet menembak Jogja keluar sebagai juara umum.

Ketua Perbakin Kota Jogja Suryanto mengatakan tahun ini para atletnya ditargetkan mengulang prestasi sebagai juara umum. Berbagai persiapan sejak awal tahun, sudah dilakukan, sehingga dia yakin Perbakin Jogja bisa mengalahkan pesaingnya dari kabupaten lain.”Persiapan kami sudah maksimal,” kata Suryanto saat menerima dua senjata tembak di Kantor Koni Jogja, Kamis (29/11).

Perbakin Kota Jogja menerima dua alat tembak baru dari KONI Kota Jogja. Tambahan amunisi senjata berupa senapan angin Feinwerkbau tipe M-800 dan Feinwerkbau M-700 pabirikan Jerman ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi atlet menembak Kota Jogja.

Dengan dua alat baru, jelasnya, menjadi bukti perhatian Koni Jogja dalam memfasilitasi persiapan jelang Porda. Keberadaan alat ini sangat penting karena akan membantu para atlet dalam menguasai alat-alat yang dipakai. ”Yang namanya senjata itu harus terbiasa dengan pemakainya. Ini baik bagi atlet,” jelasnya.

Pria yang sudah 20 tahun di Perbakin ini berharap adanya bantuan dari KONI tersebut dapat meningkatkan prestasi atlet menembak Kota Jogja bukan hanya mengulang kesuksesan tampil sebagai juara umum di ajang Porda namun capaian medali yang diperoleh bisa bertambah.

“Dia mengharapkan dari cabor menembak bisa meraih medali yang lebih banyak. Kalau nomor yang ditandingkan menjadi 16, tentu harapannya dapat melakukan persiapan yang lebih matang supaya percaya diri meraih target tersebut,” tandas Suryanto.

Ketua Umum KONI Kota Jogja Tri Joko Susanto menjelaskan, senjata yang diserahkan tersebut sifatnya pinjam pakai, untuk latihan maupun ketika bertanding. ”Tentu targetnya kontingen menembak bisa tetap menjadi juara umum,” jelasnya. (bhn/din/mg3)