SURABAYA – Para First Team Coach Honda DBL dari region juga mendapatkan berbagai ilmu dari para coach Honda DBL Camp. Mereka tidak sekadar belajar teori, namun juga praktik langsung.

Seperti Kamis (29/11) kemarin di swimming pool Anderson Park, Surabaya, sebanyak 53 pelatih mendapat aquatic training. Materi latihan yang ditujukan untuk membantu recovery pemain.

‘’Shane Frolling dari World Basketball Academy Australia berpesan pada kami para pelatih untuk bisa menjadi sosok yang mendukung perkembangan pemain. Jadi semua materi harus kami kuasai, salah satunya soal recovery,’’ ujar First Team Coach Putra Honda DBL Jogja asal SMAN 1 Jogja Agung Budi Raharjo.
Aquatic training ini dinilai sangat berguna sekali. ‘’Saya sebagai pelatih jadi tahu bagaimana membantu pemulihan cidera seorang pemain,” katanya.

Kemarin menjadi momen mendebarkan sekaligus menentukan. Sejak pagi para coach sudah dihadapkan dengan kelas praktik serta tes tertulis dari DBL Indonesia.

Menurut Basketball Operation Staff DBL Indonesia, Muhammad Iqbal, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki para pelatih agar dapat terpilih sebagai DBL All Star. ‘’Penilaiannya tentu sejauh apa para pelatih tersebut dapat menyerap materi yang diberikan,’’ kata Iqbal.

SERIUS: Audrey Gunajaya saat mengikuti one and one drill diawasi Technical Director coach Andrew Vlahov. (IKHSAN HISBULLAH/ZETIZEN)

Berikutnya adalah melihat karakter mereka. ‘’Terakhir, soal penguasaan Bahasa Inggris. Karena para pelatih ini mendapatkan materi langsung dari World Basketball Academy Australia, jika mereka bisa berbahasa Inggris dengan baik, otomatis lebih mudah menyerap materi yang diajarkan,” kata Iqbal.

Hari ini para pelatih dan pemain akan menghadapi kompetisi semakin ketat. Karena sudah terpilih 12 besar Coach Honda DBL Camp dan 24 besar campers Honda DBL Camp. Nantinya akan ada 2 Honda DBL All Star Coach Putra, 2 Honda DBL All Star Coach Putri, serta 12 pemain putra dan putri Honda DBL All Star.

Campers dari Jogja, Dearren Alvado (Bosa), Ainayya Nur Azahra (Padmanaba) dan Aime Fracianne (Patbhe) berhasil masuk zona 24 besar campers. Beri mereka dukungan penuh, biar dapat tiket berangkat ke Los Angeles, Amerika Serikat. (ata/iwa/er/mg3)