PURWOREJO – Layanan administrasi kependudukan dan pemanfaatan data kependudukan lebih mudah didapatkan masyarakat terhitung Kamis (29/11). Masyarakat yang hendak membuat KTP atau pun seluruh pelayanan adminduk, tidak perlu repot ke Kantor Disdukcapil, karena bisa dilayani di kecamatan.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil secara simbolis meluncurkan program layanan itu di Pendapa Kecamatan Purwodadi dan dilakukan langsung oleh Bupati Agus Bastian. Hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Yuli Hastuti, Kasdim 0708, kabag Sumda Polres, Sekda Said Romadhon serta Kepala Disdukcapil Akhmad Kasinu serta seluruh camat di Kabupaten Purworejo.

Bupati mengungkapkan, program yang diluncurkan itu sudah seharusnya dilakukan Disdukcapil karena tugas pemerintah adalah melayani masyarakat. “Perlu dipikirkan lagi, tidak hanya di kecmatan tapi bisa sampai kelurahan atau pun desa,” katanya.

Menurutnya, dengan layanan hingga ke desa atau kelurahan, masyarakat tidak perlu repot datang ke kantor kecamatan. “Jika bisa diurus di desa, tentu akan lebih mudah lagi karena dekat. Kita tahu ada wilayah yang jarak tempuh ke kantor kecamatannya jauh,” katanya.

Kepala Disdukcapil Akhmad Kasinu mengatakan, sebenarnya layanan administrasi kependudukan pernah diberikan di kecamatan. Namun kebijakan itu bergeser. Sejak ada keharusan KTP elektronik, kewenangannya ada di Disducapil.

“Kini seluruh kecamatan sudah siap melakukan layanan. Memang alat yang ada adalah alat lama, tapi telah kita modifikasi dan disesuaikan dengan perkembangan sekarang sehingga siap pakai,” ujar Kasinu.

Ia menjanjikan pembuatan KTP elektronik cukup 5 menit jika sudah melakukan perekaman data. Dan layanan kependudukan yang diberikan seluruhnya tidak ada pungutan biaya alias gratis. (udi/laz/zl/mg3)