Pembinaan Kepribadian Generasi Muda Pelatihan Socioentrepreneur kembali diadakan Balai Pemuda dan Olaharaga (BPO) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY. Kali ini kegiatannya berlangsung di Balai Dusun Kadireso, Triwidadi, Pajangan, Bantul Kamis (29/11).

Isnan Hidayat sebagai praktisi menekankan pengembangan potensi bagi generasi muda. Hal ini disampaikan Isnan karena sasaran pelatihan Socioentrepreneur adalah anak-anak muda. “Kembangkan potensi dalam rangka mengelola usaha,” kata pria yang juga konsultan pendidikan ini.

Peluang yang bisa dikembangkan itu antara lain wisata alam, kuliner dan usaha lain yang berkembang di masyarakat. Desa Triwidadi, kata Isnan, punya potensi di tiga hal tersebut. Apalagi belakangan Kecamatan Pajangan banyak tumbuh desa-desa wisata dan budaya.

Sedangkan Nur Huda Maskita Yoga mendorong agar masyarakat desa tumbuh dan berdaya. Cara pemberdayaan itu dapat dilakukan dengan beragam jalan. Salah satunya mendata pemilik usaha yang ada di desa setempat. “Pemilik usaha itu dapat menggerakan roda ekonomi di tingkat desa,” ujarnya.

Wakil Ketua Komisi D DPRD DIY Nur Sasmito mengajak anak muda di DIY mengembangkan potensi dirinya. Pelatihan Kepribadian Generasi Muda Socioentrepreneur yang diinisiasi Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY dinilai bisa menjadi alternatif. Khususnya dalam menyiapkan kalangan muda menjadi wirausaha tangguh.

“Pelatihan Socioentrepeneur ini memberikan ruang dan kesempatan para pemuda seluas-luasnya untuk mengembangkan diri,” ungkapnya.

Kepada peserta pelatihan, dia meminta agar menangkap peluang tersebut. Alasannya, tidak setiap kesempatan pelatihan socioentrepeneur itu berlangsung. Apalagi dalam kegiatan itu mendatangkan sejumlah praktisi. Khususnya wirausaha muda yang sukses membuka usaha.

Dipilihnya pemuda sebagai sasaran pelatihan karena anak muda bukan tanpa alasan. Generasi muda terbukti menjadi penggerak setiap perubahan. Karena itu, mereka perlu mendapatkan perhatian dan motivasi menjadi entrepreneur. (kus/er/mg3)