Wakil Ketua Komisi D DPRD DIY Nur Sasmito mengajak anak muda di DIY mengembangkan potensi dirinya secara optimal. Salah satu sarannya melalui pelatihan Socioentrepreneur.

“Pelatihan Socioentrepreneur diinisiasi Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY dan didukung penuh oleh Komisi D DPRD DIY,” kata Nur Sasmito di Islamic Centre Margosari, Pengasih, Kulonprogo Kamis (29/11).

“Kegiatan ini bisa menjadi alternatif sebagai upaya menyiapkan kalangan muda menjadi wirausaha tangguh,” lanjut anggota dewan asal Dapil Kulonprogo ini.

Menurut dia, pelatihan Socioentrepeneur ini memberikan ruang dan kesempatan para pemuda seluas-luasnya untuk mengembangkan diri. Kepada peserta pelatihan, dia meminta agar menangkap peluang tersebut.

Alasannya, tidak setiap kesempatan pelatihan socioentrepeneur itu berlangsung. Apalagi dalam kegiatan itu mendatangkan sejumlah praktisi. Khususnya wirausaha muda yang sukses membuka usaha.

Dipilihnya pemuda sebagai sasaran pelatihan karena anak muda bukan tanpa alasan. Generasi muda terbukti menjadi penggerak setiap perubahan. Karena itu, mereka perlu mendapatkan perhatian dan motivasi menjadi entrepreneur.

Sedangkan Isnan Hidayat sebagai praktisi menekankan pengembangan potensi bagi generasi muda. Sebab, sasaran pelatihan Socioentrepreneur adalah anak-anak muda. Adapun peluang usaha yang bisa dikembangkan beraneka macam. Antara lain wisata alam, kuliner dan usaha produktif lainnya. “Generasi muda harus tumbuh dan berdaya,” ujarnya. (kus/rg/mg3)