Tidak sekadar merawat pelanggan yang sudah ada, PDAM Tirta Perwitasari juga tengah mematangkan langkah besar menyambut keberadaan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo. Berada dekat dengan wilayah Bagelen, pihaknya bersiap bisa menyuplai kebutuhan air bersih ke kawasan bandara tersebut.

Di tahun 2019, PDAM Tirta Perwitasari akan mulai membangun Instalasi Kota Kecamatan (IKK) baru di Desa Dadirejo Kecamatan Bagelen. Program pembangunan IKK tersebut telah melewati sejumlah tahap persiapan. “Semua sudah siap, bahkan kami akan segera membuka kantor cabang baru di Bagelan. Insya Allah bisa menyuplai bandara.‚ÄĚKami meyakini ini akan menguntungkan karena kebutuhan bandara dan efek dominonya tentu sangat membutuhkan air bersih,” tambah Hermawan. Dijelaskan, IKK di Kecamatan Bagelen berkapasitas 50 liter kubik per detik dan mampu untuk memasok 5.000 pelanggan. Sebanyak 3.000 pelanggan untuk sekitar bandara dan 2.000 untuk pelanggan di Kecamatan Bagelen. Lahan yang disiapkan mencapai 2.750 meter persegi dan sudah dilakukan studi kelayakan.

Program IKK tersebut menelan dana sekitar Rp 27 miliar yang pembiayaannya menggunakan sistem sharing. PDAM menyediakan lahan, sedang instalasi pengolahan air (IPA) dari pihak ketiga dan jaringan pipa dibiayai Pemkab Purworejo.

Hermawan menyatakan, perluasan ke kawasan Bagelen menjadi target utama 2019. Mengingat efek positifnya yang sangat luar biasa. Selain dari sisi bisnis dapat meraup keuntungan yang besar dengan melayani bandara, dari sisi sosial PDAM dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Purworejo di kawasan selatan.

“PDAM memiliki fungsi bisnis dan pelayanan sosial. Untuk peningkatan profit dan meningkatkan PAD, kami akan mengejar peluang bandara,” jelasnya. (*/udi/din/fj/mg3)