SLEMAN-Gemuruh sorak-sorai di Stadion Maguwoharjo pecah oleh puluhan penonton usai wasit Asep Yandis, meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Di luar stadion, ribuan suporter yang tak kebagian tempat meluapkan kegembiraan di depan layar lebar yang dipasang untuk nonton bareng.

Suasana pecah, karena PSS Sleman memastikan naik ke kasta Liga 1 Indonesia setelah mengalahkan Kalteng Putra dengan skor 2-0. PSS masih punya satu tugas untuk menuntaskannya di final Liga 2 berhadapan Seman Padang di Stadion Pakansari, Bogor Senin (2/11) mendatang.

Para pemain, pelatih dan ofisial tim saling berpelukan di lapangan. Beberapa saat, para keluarga dari pemain dan pelatih pun memasuki lapangan merayarakan momen bersejarah ini. Tangis haru terlihat di wajah para pemain, ofisial, manajemen, dan para keluarga.

Kegembiraan para pemain dan ofisial tim juga diluapkan dengan “melemparkan” sang pelatih Seto Nurdiyantara ke udara. Di semua tribun Maguwoharjo, para suporter tak henti-hentinya mengumandangkan chant kemenangan, menyambut para pemain yang berkeliling menyapa pendukung dari pinggir lapangan.

UNTUK SUPORTER: Sejumlah pemain dan ofisial tim PSS Sleman menyapa suporter dan penonton di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (28/11). (GUNTUR AGA TIRTANA/RADAR JOGJA)

Ya, setelah hampir satu dekade tepatnya sejak 2007 absen berkompetisi di Liga 1, Super Elang Jawa kini kembali dengan kemenangan yang cukup meyakinkan. “Perjuangan keras kami selama semusim terbayar sudah. Terima kasih para pemain yang bekerja keras dan suporter yang telah memberikan dukungan selama ini,” kata Seto.

Kualitas permainan PSS Sleman di laga melawan Kalteng Putra memang cukup tampak di laga kemarin (Rabu (28/11)). Striker gaek, Christian Gonzales lagi-lagi menjadi aktor kemenangan PSS. Dua golnya di menit ke -11 dan 55, menjadi penentu kemenangan. Tercatat, sudah 14 gol dia lesakkan hingga laga semifinal.

Selain Gonzales, salah satu aktor kemenangan PSS Sleman adalah kiper Ega Rizky. Tercatat, ada empat peluang emas dari Kalteng Putra yang mampu digagalkan kiper bernomor punggung 21 ini. “Kami bermain dengan yakin. Kemenangan ini saya persembahkan untuk keluarga, orang tua dan para pendukung,” ucap Ega.

Kehadiran 30 ribu penonton yang memadati stadion memang mampu melecutkan semangat para pemain. Terbukti, beberapa saat koreografi terbentang di tiga sisi tribun, gol kedua PSS tercipta melalui heading, Gonzales.

Tiga buah koreografi berupa gambar pelatih Seto dengan kostum Super Man, jin kura-kura serta angka 76 yang melambangkan tahun kelahiran PSS Sleman memang menjadi “jimat sakti” pelecut semangat Laskar Sembada. “Saya sempat berfikir anak-anak terbenani dengan dukungan penuh dan koreo dari penonton. Nyatanya mereka bisa tampil lepas dan penuh semangat,” kata Seto.

Setelah memastikan meraih tiket Liga 1, Seto kini memfokuskan skuadnya pada laga final. Dengan waktu persiapan yang cukup singkat, pemulihan stamina akan lebih diutamakan ketimbang memberi porsi latihan berat kepada pemain.”Laga final kami jalani dengan enjoy. Kami ingin juara di sana,” tegasnya.

Pelatih Kalteng Putra Kas Hartadi memberikan penghargaan atas capaian PSS Sleman di musim ini. “Selamat mereka memang layak ke Liga 1,” ucap Kas Hartadi.

Dia pun cukup bangga karena anak asuhnya telah memberikan perlawanan yang maksimal. Laskar Iseng Mulang, sebenarnya memiliki tujuh peluang emas yang gagal dikonversi menjadi gol.

Meski gagal ke final, Kalteng Putra masih memiliki peluang untuk lolos ke Liga 1. Di peringkat ketiga, Ugiek Sugiyanto dkk akan berhadapan dengan Persita Tanggarang. “Semoga kami segera menyusul PSS ke Liga 1,” jelasnya.

Sesuai Target, Manajemen Guyurkan Bonus

Capaian PSS Sleman ke Liga 1 diapresiasi oleh manajemen dengan guyuran bonus. Dikabarkan, para skuad Super Elja akan diguyur bonus sebesar satu kali gaji. “Bahkan ada yang lebih dari satu kali gaji,” kata Manajer PSS Sismantoro.

Ditegaskan para pemain berjuang sesuai dengan target yang diinginkan manajemen. Selanjutnya, manajemen ingin Laskar Sembada menuntaskan kemenangan dengan memberikan gelar juara Liga 2. “Tentu target kami sekarang juara Liga 2,” tegasnya. (bhn/din/rg/mg3)