JOGJA – Kondisi di Bandara Internasional Adisutjipto Jogjakarta memang sudah tidak layak. Selain kapasitas terminal yang terbatas, kondisi landasan pacunya juga bermasalah. Aspalnya terkikis.

Kondisi itu membuat sembilan jadwal penerbangan dari dan menuju Jogjakarta sempat terganggu. Kerusakan terpantau ada tiga titik di berbagai kawasan landasan pacu.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Jogjakarta Agus Pandu Purnama membenarkan adanya gangguan jadwal penerbangan. Itu karena jajarannya harus melakukan perbaikan terlebih dulu. Akibat kerusakan permukaan aspal.

“Kami lakukan runway maintenance, untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan penerbangan. Pengerjaan rampung pukul 12.55 siang tadi (Rabu),” jelasnya Rabu (28/11).

Pandu menduga kerusakaan aspal akibat tingginya intensitas hujan. Tercatat selama tiga hari belakangan, Jogjakarta, terutama di kawasan bandara terus diguyur hujan.

Dia menuturkan kerusakan terjadi di area airside bandara. Tepatnya 450 meter dari runway 09 sisi timur. Adapula kerusakan dititik 200 meter dari touchdown area dan 50 meter dari S2 area landasan pacu.

Menurut dia kerusakan dilaporkan sekitar pukul 12.00 oleh petugas air traffic controller (ATC). Langsung diatasi dan memakan waktu sekitar 55 menit untuk perbaikan. “Setelahnya pesawat langsung bisa lepas landas,” ujarnya.

Petugas teknik Bandara Adisutjipto langsung menuju ke lokasi tersebut untuk melakukan maintenance. “Sehingga tepat pukul 12.55 WIB landasan dapat digunakan kembali,” tambahnya.

Terkait antisipasi kerusakan, Pandu mengakui perlu ekstra keras. Menurut dia musuh alami aspal adalah hujan. Apalagi jika terjadi hujan dalam intensitas tinggi bisa menyebabkan pengikisan.

Sebagai antisipasi, jajarannya terus memantau area landasan pacu. Tindakan perbaikan akan disegarakan jika ada kerusakan. Bahkan kerusakan kecil tetap menjadi perhatian. Apalagi jika beada di kawasan inti landasan pacu.

“Terus melakukan pengawasan dan pemeliharaan terutama di area Airside karena area tersebut merupakan area pergerakkan pesawat. Jadi mohon maaf apabila jika ada penundaan jadwal penerbangan,” katanya. (dwi/pra/zl/mg3)

Sembilan penerbangan yang tertunda, yaitu sbb :
– Air Asia tujuan CGK – JOG
– Batik tujuan HLP – JOG
– Airasia tujuan KUL-JOG
– Garuda tujuan CGK-JOG
– Air Asia dari SIN
– Lion Air dari PKU
– Xpress Air tujuan JOG-PNK
– Lion Air tujuan JOG-BDJ
– Nam Air tujuan JOG-PLM