BISA dipastikan, laga kandang PSS akan full mendapat dukungan suporter Slemania maupun BCS. Media sosial pun riuh dengan perbincangan dukung PSS. Ada pula ajakan membolos sekolah.

Terkait hal tersebut, Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman memastikan seluruh siswa di Sleman tidak mungkin bolos. “Mulai 27 November 2018, siswa SMP sedang melaksanakan Tes Kendali Mutu (TKM). Tidak mungkin bolos,” ujar Kepala Disdik Sleman, Sri Wantini, Selasa (27/11).

TKM mengindikasikan kegiatan belajar mengajar (KBM) berlangsung normal. Bahkan proses pembelajaran tidak akan sampai siang.

Wantini meminta sekolah mengawasi siswanya di sekolah. “Saya minta pengawasan lebih ditingkatkan,” pintanya.

Kasie Operasi dan Trantib, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sleman Sri Madu, mengatakan tidak akan menambah intensitas patroli untuk menciduk siswa yang membolos. “Karena sedang TKM, jadi kami patroli seperti biasa,” kata Sri Madu.

Perihal sanksi yang diberikan kepada siswa yang membolos, pihaknya mengembalikan ke sekolah. “Jika (siswa) tertangkap tangan, akan kami minta menandatangi berita acara pembinaan (BAP) dan kami kembalikan ke sekolah,” jelasnya.

Beberapa lokasi yang biasa menjadi tempat favorit untuk membolos tak luput dari patrol Satpol PP Sleman. Sri Madu mengatakan, setidaknya warmindo, gamenet, tempat wisata, dan angkringan tak lepas dari pengawasannya. (har/iwa/by/mg3)