JOGJA – Perkembangan teknologi yang semakin canggih, masyarakat seharusnya memaksimalkan penggunaan gadget untuk menumbuhkan minat baca.

Kasubag Program dan Data TI Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY Agnes Riyanti Dewantari menjelaskan lewat gadget, akses informasi menjadi mudah. Tapi informasi dari internet tidak semuanya memiliki data yang lengkap. “Misalnya informasi tersebut hanya berupa ringkasan, dan tidak ada informasi secara keseluruhan,” jelas Agnes saat acara Pembudayaan Kegemaran Membaca di Ngupasan Jogja Senin (26/11).

Karena itu BPAD DIY menyediakan aplikasi iJogja yang bisa diakses melalui gadget. Melalui aplikasi ini, tambah Agnes, masyarakat bisa meminjam buku berbentuk elektronik selama tiga hari hanya dengan mendaftar melalui email.
Agnes menambahkan, dengan membaca buku, masyarakat bisa menjadi lebih bijaksana dalam menentukan suatu hal.

Selain itu, Agnes juga mengajak orang tua dan masyarakat untuk mengajarkan kepada anak-anak bahwa minat baca bisa dipupuk sejak anak dibawah usia lima tahun. Membacakan dongeng kepada anak-anak adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan minat baca. “Dengan banyak gambar daripada narasi, itu juga bisa menumbuhkan minat baca,” jelas Agnes.

Anggota Komisi D DPRD DIY Nurjanah mengapresiasi adanya kegiatan Pembudayaan Kegemaran Membaca oleh BPAD DIJ. Nurjanah berharap melalui acara seperti ini, di masyarakat akan tumbuh kesadaran dalam mendidik anak usia dini untuk meningkatkan kegemaran membaca. Selain itu, dongeng yang sudah jarang dilakukan, sebaiknya mulai dilakukan lagi oleh orang tua.

Mulai dari keluarga, Nurjanah berharap, anak-anak sudah mendapatkan keinginan untuk membaca. Sehingga saat dewasa, membaca adalah suatu kebutuhan yang harus terpenuhi. (*/cr7/pra/zl/mg3)