KULONPROGO – Menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2019, Sarlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Pantai Glagah akan mendirikan pos pantau dekat laut. Rencana itu untuk memudahkan pemantauan wisatawan saat liburan.

“Pos pantau didirikan secara swadaya. Mengoptimalkan monitoring dan pengawasan di kawasan pemecah gelombang sebagai salah satu daya tarik Pantai Glagah,” ujar Koordinator SRI Wilayah V Kulonprogo, Aris Widiatmoko, Minggu (25/11).

Dijelaskan, pos pantau yang sekarang titiknya terlalu jauh dari pantai. Cukup menyulitkan pengawasan pengunjung.

SRI Wilayah V Kulonprogo juga akan memasang papan peringatan di sepanjang pantai Kulonprogo. Langkah itu untuk meminimalisasi kemungkinan pengunjurng tenggelam atau terseret ombak.

“Kami tidak ingin perisitiwa kecelakaan laut terjadi lagi. Patroli berkala di sepanjang pantai juga akan terus digiatkan,” jelasnya.

Menurut dia, jumlah personel SRI Wilayah V Kulonprogo ada 38 orang. Patroli akan ditingkatkan setiap musim liburan, baik hari Minggu atau libur nasional.

Khusus libur pergantian tahun, kunjungan wisatawan di Glagah diprediksi meningkat. Apalagi dekat dengan proyek pembangunan bandara yang oleh sebagian pengunjung menjadi obyek menarik.

“Banyak wisawatan yang penasaran ingin melihat pembangunan bandara. Kebetulan dari Pantai Glagah sangat dekat. Sarana dan prasarana penunjang keselamatan harus semakin lengkap. Ambulans juga sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kulonprogo, Niken Probo Laras menambahkan, pihaknya tengah menyiapkan agenda libur akhir tahun. Sejumlah sarana pendukung akan disiapkan.

“Kami masih memetakan agenda pendukung untuk menyambut libur panjang nanti,” kata Niken. (tom/iwa/er/mg3)