MAGELANG – Distribusi kotak dan bilik suara untuk Pemilu 2019 telah dilakukan KPU Jawa Tengah. KPU Kota Magelang telah menerima 2.458 buah bilik suara dan 2.058 kotak suara. Kotak suara tidak lagi menggunakan yang lama, karena kini menggunakan bahan dari kardus dan dilaminasi, serta bagian depan berwujud transparan menggunakan mika.

“Amanat undang-undang, kotak suara yang akan digunakan pemilu mendatang harus ada sisi transparan. Maka, kotak yang dulu tidak bisa dipakai lagi. Kemudian dari 35 kabupaten/kota di Jateng, hanya Kabupaten Semarang yang belum terkirim logistiknya,” kata Ketua KPU Jateng Yulianto Sudrajat Minggu (25/11).

Yulianto berkunjung ke Magelang dalam rangka menghadiri acara “Ayo Senam Memilih” di Lapangan Rindam IV/Diponegoro, Kota Magelang. Menurutnya, ada kekurangan logistik yang didistribusikan oleh KPU RI ke beberapa wilayah. Masih ada kekurangan sekitar 20 persen dari total kebutuhan masing-masing kabupaten/kota.

“Logistik lainnya masih menunggu dari KPU pusat. Sementara ini kami juga melakukan koreksi DCT, sehingga pada saat dicetak tidak ada kesalahan nama abjad dan gelar, yang keduanya sangat penting,” jelasnya.

Di Jateng sendiri ada penambahan sebanyak 168 TPS. Jumlah kotak suara seluruhnya ada sekitar 15.000 kotak. KPU RI mengundang seluruh jajaran KPU baik provinsi, kabupaten, dan kota untuk melakukan validasi surat suara guna memastikan DCT yang ditetapkan.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron mengaku, untuk Kota Magelang logistik berupa bilik dan kotak suara memang sudah datang. Tapi, untuk kotak suara masih kurang 10 kotak dan masih menunggu pengiriman ulang. Saat ini logistik Pemilu 2019 sudah berada di gudang yang ada di Kelurahan Gelangan.

Sisi lain, Bawaslu Kabupaten Magelang resmi menempati kantor barunya di Jalan Soekarno-Hatta Nomor 9, Kota Mungkid, mulai akhir pekan lalu. Kantor yang berseberangan dengan Mapolres Magelang ini dibuka oleh Ketua Bawaslu Jawa Tengah Fajar Saka, bersamaan launching “Gerakan Berani Melapor (Gabpor).” Hadir dalam kegiatan ini Penjabat Sekda Pemkab Magelang Endra E Wacana, Wakapolres Magelang Kompol Eko Mardiyanto, komisioner KPU Kabupaten Magelang, Bawaslu Kabupaten Magelang, ketua dan anggota Panwascam. (dem/laz/fj/mg3)