KULONPROGO – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMD Dalduk dan KB) Kulonprogo segera melantik 20 kepala desa (Kades). Mereka terpilih dalam Pilkades serentak 14 Oktober 2018.

Hasil Pilkades tersebut tanpa ada protes dan aduan dari masyarakat. Pelantikan akan dilakukan Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo di Gedung Kaca, Kompleks Pemkab Kulonprogo. Rencananya pada Minggu (2/12).

“Kami telah tentukan tanggalnya. Masih menyiapkan keperluan menjelang pelantikan kades terpilih. Termasuk memverifikasi data kades yang akan dituangkan dalam Surat Keputusan (SK),” kata Kepala DPMD Dalduk dan KB Kulonprogo, Sudarmanto, Jumat (23/11).

Kroscek data kades penting. Sebab, penulisan nama, pendidikan terakhir, serta tempat dan tanggal lahir pada SK harus benar. “Kalau persiapan lain, tidak ada kendala,” ujarnya.

Pilkades yang dilaksanakan serentak di Kulonprogo berjalan tanpa kendala. Sudarmanto bersyukur karena tidak ada protes ataupun aduan hasil penghitungan suara.

“Kesadaran masyarakat semakin tinggi. Masyarakat bisa legowo,” ucap Sudarmanto. (tom/iwa/rg/mg3)