Anggota Komisi D DPRD DIY Nuryadi berharap masyarakat Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul bisa mengambil manfaat positif dari pelatihan Kepribadian Generasi Muda Socioentrepreneur. Khususnya bagi para pemuda di desa tersebut. “ KarenaPemuda berada di usia produktif,” kata Nuryadi Jumat (23/11).

Pelatihan Socioentrepreneur diinisiasi Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY. Tak kurang 100 pemuda Desa Jepitu mendapatkan pelatihan yang bertujuan mendorong pemuda menjadi wirausaha yang tangguh.

Nuryadi mengapresiasi pelatihan Socioentrepreneur yang menyasar para pemuda di Desa Jepitu Menurut dia, kegiatan tersebut menjadi forum bagi para setempat menyerap ilmu dari para praktisi dunia usia. Maklum narasumber yang dihadirkan sebagian adalah para praktisi yang dinilai sukses menekuni usaha sebagai wirausaha.

Anggota dewan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Gunungkidul itu berharap pelatihan Socioentrepreneur menginspirasi anak muda menjadi pengusaha. Sebab, tujuan dari kegiatan tersebut adalah mendorong lahirnya entrepreneur muda.

“Entrepreneur adalah orang yang mampu menciptakan lapangan kerja secara mandiri,” ungkapnya.

Komisi D, terang dia, mendukung penuh setiap kegiatan BPO Disdikpora DIY yang bertujuan memberdayakan potensi anak muda. Pertimbangannya anak muda adalah generasi penerus. Mereka harus dibekali banyak keterampilan guna menyongsong hari depan.

“Pelatihan socioentrepreneur membuka wawasan sekaligus diharapkan membuat generasi muda berpikirlah menjadi pengusaha,” harap dia.

Kepala BPO Disdikpora DIY Edy Wahyudi mengatakan, pelatihan Socioentrepreneur itu sengaja mendatangkan narasumber kalangan praktisi. Khususnya para anak muda yang berhasil menekuni usaha sebagai wirausaha.

“Wirausaha yang kami pilih merupakan wirausahawan muda. Tujuannya agar bisa menginspirasi sekaligus merangsang anak-anak muda tertarik menjadi pengusaha,” kata Edy. Sudah saatnya anak muda mengembangkan bakat dan kemampuannya. Mereka tak lagi berpikir menjadi pekerja maupun birokat.

“Ketimbang mencari kerja, maka sebaiknya ciptakan sendiri peluang kerja itu,” harapnya. (kus/rg/mg3)