Empat tim akan berlaga di semifinal Liga 2 Indonesia. PSS Sleman berhadapan dengan Kalteng Putra dan Semen Padang menghadapi Persita Tangeran. Nah, tiga tim terbaik dipastikan naik kelas ke kasta tertinggi Liga Indonesia. Apakah laga semifinal ini bisa disebut laga ideal? Bisa jadi demikian.

BAHANA

PSS Sleman dan Semen Padang melanggeng ke semifinal dengan label pemuncak klasemen. Sementara Persita Tanggerang dan Kalteng Putra menempati peringkat runner up. Semen Padang, PSS Sleman dan Kalteng Putra merupakan tim yang menargetkan untuk lolos ke Liga 1 musim ini. Bahkan ramai diprediksi Semen Padang dan PSS Sleman merupakan dua tim yang paling layak berlaga di final.

Baik Super Elja-julukan PSS Sleman dan Kabau Sirah-julukan Semen Padang dinilai memiliki skuad dengan kualitas mumpuni. Apalagi, Semen Padang memiliki nama cukup mentereng di kasta tertinggi Liga Indonesia.

(GRAFIS: HERPRI KARTUN/RADAR JOGJA)

Sementara siapa yang akan tergusur dan bertahan di Liga 2 memang pantas di nantikan. Baik Kalteng Putra maupun Persita Tanggerang, memiliki tekad untuk bisa berlaga di Liga 1. Kalteng Putra didorong oleh manajemen finansial sementara Persita Tangerang, adanya Benteng Taruna stadion baru mereka menjadi pelecut skuad viola untuk kembali menapak ke kasta tertinggi.

”Di awalnya manajemen target bertahan di liga 2. Namun melihat perkembangan tim yang terus menanjak, maka manejemen memutuskan untuk mengubah target dari bertahan menjadi lolos ke Liga 1,” ungkap pelatih Persita Tanggerang Wiganda Saputra.

Pertemuan keempatnya di laga semifinal seperti mengulang laga dua wilayah masing-masing. PSS Sleman dan Kalteng Putra, sebelumnya sudah saling bertemu di wilayah Grup Timur Liga 2 Indonesia. Kala itu keduanya berbagi kemenangan di kandang masing-masing.

Saat berlaga di Tuah Pahoe, PSS Sleman harus mengakui keunggulan skuad Isen Mulang melalui gol tunggal Taufik Kasrun dari titik putih. Sementara di Stadion Maguwoharjo, Super Elja dapat melakukan revans dengan skor sama seperti pertemuan pertama. Gol semata wayang PSS lahir dari tandukan Christian El Loco Gonzales.

Kembali bertemu di babak menentukan, pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantara mengaku cemas. Sebab, skuad asuhan Kas Hartadi tersebut merupakan salah satu tim yang cukup sulit ditaklukan. Apalagi, saat bermain di kandang mereka, Tuah Pahoe.

Keberadaan eks PSS, Wirahadi dan Yericho perlu menjadi perhatian tersendiri. Sebab, kedua pemain yang dicoret saat Super Elja melenggang ke babak delapan besar tersebut, cukup mengerti taktikal dari sang allenatore, Seto Nuridiyantara.

”Kami kesulitan saat bermain di tandang dan kandang. Itu menjadi bukti mereka punya pemain yang berkualitas. Ada juga beberapa pemain yang pernah memperkuat kami sebelumnya, jelas Kalteng menjadi ancaman bagi kami,” kata Seto.

Dengan waktu persiapan yang hanya tiga hari, praktis Seto harus dengan tepat mengatur pola latihan anak asuhnya. Dijadwalkan, skuad Super Elja akan terbang ke Palangkaraya, hari ini. ”Kami tidak punya waktu untuk latihan. Akan kami manfaatkan untuk recovery,” jelasnya.

Pelatih Kalteng Putra Kas Hartadi menyebut PSS menjadi batu sandungan bagi timnya untuk bisa ke Liga 1. Skuadnya sudah merasakan kualitas permainan dari Rifal Lastori dkk. ”Ini seperti laga ulangan,” jelasnya.

Kalteng Putra sebenarnya cukup beruntung bisa berada di semifinal. Nasib Firman Utina dkk banyak bergantung pada laga Aceh United kontra PSMP Mojokerto. Kalteng yang terkapar di Padang, terselamatkan karena PSMP tak mampu mencuri poin dari Aceh United.

Nasib Kalteng pun sebenarnya sama dengan peserta semifinal lainnya, Persita Tangerang. Secara mengejutkan, Pendekar Cisadane mengalahkan Madura FC di Ahmad Yani. Padahal, selama ini Stadion Ahmad Yani adalah tempat yang cukup angker. Kemenangan Persita di tanah Madura sempat membuat pelatih Persirja Akhyar Ilyas meradang.

Tentu pertemuan PSS vs Kalteng serta Semen Padang kontra Persita Tangerang patut ditunggu. PSS Sleman harus melakoni laga pertama di Tuah Pahoe Minggu (25/11). Sementara laga di Stadion Maguwoharjo akan digelar Rabu (28/11). (din/fj/mg3)