SLEMAN – Ada saja cara penjahat memuluskan aksinya. Seperti dilakukan Suryanto, 29, dia berpura-pura sebagai tamu kos dan meminta salah seorang penghuni kos memanggil teman fiktifnya.

Suryanto mendatangi kos di Papringan, Caturtunggal, Depok Sabtu (17/11). Warga Umbulharjo, Jogja itu berpura-pura bertamu. Dia bertemu dengan korban, Achmad Faqih, 25.

“Aksi dilakukan pukul 11.30. Berpura-pura mencari penghuni kos bernama Aliando,” kata Kapolsek Depok Barat, Kompol Sukirin Hariyanto di Mapolsek Depok Barat Rabu (21/11).

Sukirin mengatakan korban tidak curiga dan akan memanggil ‘’Aliando’’. Apalagi, ada penghuni kos bernama hampir sama, Al Amin. Achmad lalu meninggalkan pelaku menuju kamar Al Amin.

Suryanto pun melancarkan aksi karena kamar korban pintunya terbuka. Dia masuk kamar kos Achmad dan mengambil laptop merk Lenovo. Lalu dimasukkan tas.

Tak lama kemudian, Achmad kembali menemui Suryadi. Dia curiga, ada kabel menjuntai dari tas Suryanto. Achmad yang asal Madura mengenali kabel charger tersebut miliknya.

Ternyata Suryanto sudah berkali-kali melakukan pencurian dengan modus serupa. Pelaku mengendarai Yamaha Vixion AB 2985 KT untuk mendatangi kos-kosan.

“Tersangka ini residivis dan pernah masuk Wirogunan karena penganiayaan dan bebas 2008. Profesinya saat ini debt collector. Dia dikenakan pasal 462 KUHP tentang Pencurian,” tegas Sukirin.

Suryanto mengaku baru kali ini melakukan pencurian laptop. Alasannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. (dwi/iwa/fj/mg3)