PURWOREJO – Sedikitnya 8.000 peserta mengikuti jalan sehat dalam peringatan Milad ke-106 Muhammadiyah di Alun-Alun Kutoarjo, Selasa (20/11). Dimeriahkan berbagai kegiatan, acara ini diarahkan sebagai sarana silaturahmi bagi seluruh komponen Muhammadiyah serta masyarakat umum.

Ketua panitia kegiatan Suprayitno mengungkapkan, ribuan peserta itu berasal dari seluruh komponen Muhammadiyah. Mulai dari amal usaha pendidikan, kesehatan, ekonomi maupun masyarakat di Kabupaten Purworejo.

Tema peringatan yang diangkat dalam gelaran tahun ini adalah “Kegiatan Sehat dan Berbagi Bersama Muhammadiyah.” “Harapan kami semua bisa saling sinergi, berbagi, bermanfaat bagi negeri,” katanya.

Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Muhammadiyah Purworejo Pudjiono mengatakan, agenda utama milad tahun ini dalam konteks kelembagaan Muhammadiyah adalah selalu adanya kebersamaan. Antara Muhammadiyah dengan pemerintah bersama komponen bangsa lain untuk berkomitmen membangun bangsa, beretika dan berkemajuan.

“Jadi dalam kesempatan ini pula kami menggalang donasi untuk membantu penanganan bencana yang terjadi di Indonesia. Penanganan kami serahkan kepada Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) serta galang donasi melalui LAZISMU untuk yang di Lombok dan Palu,” katanya.

Begitu pula yang ada di lokal Purworejo. Melalui LAZISMU-nya berperan membantu bagi yang membutuhkan dan menyantuni bagi yang kekurangan seperti dalam bidang kesehatan, pendidikan, permodalan agar ekonomi tumbuh berkembang,” kata Pudiono.

Dalam perspektif lebih sempit, pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk terus bersinergi dalam membangun Purworejo. (udi/laz/by/mg3)