Banyak orang yang melirik bisnis untuk menambah pundi-pundi, baik secara mandiri maupun kelompok. Namun, tak semuanya berjalan mulus. Tantangan selalu ada. Lantas apa saja yang harus dilakukan oleh pemula yang tengah menapaki bisnis?

FOKUS

Satu kata namun memiliki makna yang dalam. Menurut Penasehat Bisnis Cahyadi Joko Sukmono tiap orang yang memulai bisnis harus fokus untuk memperkokoh pilar bisnis. Empat pilar bisnis adalah produk, pasar, uang, dan orang.

Langkah itu perlu dilakukan untuk meminimalkan kegagalan atau kerugian. Pebisnis harus tahu barang apa yang dipasarkan. Kemudian, siapa dan kemana tujuan barang itu akan dijual. Juga paham penggunaan uang yang masuk dan keluar.

(FREEPIK.COM)

DOKUMENTASI

Belajar dan mendokumentasi apa yang sudah dilakukan. Misalnya saat mengalami penurunan atau kenaikan dalam berbisnis. Hal tersebut bisa dikatakan sebagai cara untuk mengunci risiko agar tidak mengalami kegagalan atau kerugian yang drastis.

(FREEPIK.COM)

MELEK FINANSIAL

Orang, merupakan pribadi yang harus memiliki kompetensi yang dibutuhkan. Artinya orang yang menjalankan bisnis tersebut harus melek finansial atau paham literasi keuangan. Sekarang kebanyakan para pemula cuma mementingkan branding yang bersifat instan, tidak memperhatikan kompetensi yang dibutuhkan.

(FREEPIK.COM)

TIDAK OVER CONFIDENT

Poin yang paling penting dalam berbisnis adalah menghindari kesalahan pemula seperti over confident atau percaya diri yang berlebihan. Juga salah dalam mengimplementasikan investasi (supplier, perencaanaan, dan pemanfaatan). Misalnya mudah pindah ke lain hati atau mengikuti tren bisnis yang baru ketika bisnis awal belum dijalankan dengan maksimal.

(FREEPIK.COM)

MENTAL KEWIRAUSAHAAN

Bagi pebisnis pemula sebaiknya tidak memikirkan untung yang banyak dulu, tapi juga tidak boleh rugi. Sisi lain yang perlu dibangun adalah mental kewirausahaan. Caranya bagaimana? Bisa dengan ikut seminar bisnis, bisa pula bergabung dengan komunitas bisnis atau magang di sebuah bisnis yang sudah berjalan. Sebab, bisnis itu tidak bisa dilatih, tidak bisa juga hanya menerapkan ilmu di dalam kelas. Magang menjadi salah satu cara yang tepat belajar di lapangan. (ila)