BANTUL-Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjalin kerja sama dengan sejumlah pemerintah daerah (pemda). Kerja sama ini bersifat nasional yang diselenggarakan dalam 1st Government Gathering. Kegiatan bertajuk Strategi Inovatif dan Kreatif Pemerintah Daerah dalam Menghadapi Era Disruptif ini digelar di Asri Medical Center (AMC), Jumat(16/11).

UMY telah mengundang sebanyak 23 pemda dari seluruh Indonesia. Selain itu juga diundang tiga gubernur, yakni gubernur Jawa Tengah, gubernur DIJ, dan gubernur DKI Jakarta.

Kepala Lembaga Kerja Sama UMY Eko Priyopurnomo mengatakan, kegiatan ini untuk memastikan bahwa UMY itu mampu berkontribusi pada pengembangan dan potensi di daerah. Oleh karena itu dalam kegiatan ini diundang para mitra-mitra pemerintah daerah. Tujuannya agar UMY bisa ikut berkontribusi bagi pembangunan daerah.” Yang kedua, UMY ingin membangun hubungan yang baik dengan pemerintah daerah,’’ jelasnya.

Tujuan lainnya, UMY menginginkan memiliki desain ke depan ketika ada hubungan dan relasi perguruan tinggi dan pemerintah daerah. Jika pemda mempunyai potensi dan membutuhkan sumber daya manusia (SDM) atau teknologi, UMY bisa berkontribusi.

Selasa (20/11) mendatang, diadakan pameran produk dari sejumlah pemerintah daerah. Meeka akan menunjukkan potensi dari daerah masing-masing. Tak ketinggalan pameran dari internal UMY, yakni dari pusat studi dan prodi.(cr8/din)