Panasonic Kenalkan AC si-BiRU

JOGJA – Cuaca panas yang melanda wilayah DIJ dan disusul hujan, dijawab PT Panasonic Gobel Indonesia. Mereka mengenalkan produk pendingin ruangan atau AC teranyar. Dinamakan AC si-BiRU yang merupakan hasilkarya anak negeri.

Apa itu si-BiRU? Assitant General manager Air Conditioner PT Panasonic Gobel Indonesia Heribertus Ronny menjelaskanBiRU pada nama AC ini merupakan singkatan dari Bandel, Irit, Ramah Lingkungan, dan Umur Panjang. Bandel, karena tetap beroperasi pada tegangan listrik yang tidak stabil dan rendah, hingga 160 Volt. Kemudian Irit, sebab sudah tersertifikasi dan meraih efisiesni energi paling tinggi bintang empat.

“Juga ramah lingkungan dengan menggunakan refrigerant 32 generasi terbaru dan umur panjang karena menggunakan material SuperDyma,” jelas Ronny dalam media gathering di Panasonic AC Training Center Jogja Jumat (16/11).

Menurut dia beberapa keunggulan dalam si-BiRu tersebut diciptakan sesuai dengan kondisi di Indonesia. Ronny mencontohkan seperti kemampuan si-BiRU yang tetap bisa beroperasi saat tegangan listrik turun.

“Kami sesuaikan dengan kondisi, karena beberapa jaringan listrik yang tidak stabil, saat tegangan turun hingga 160 V,si BiRU bandel tetap bekerja,” ungkapnya.

Kehandalan lain terkait dengan irit biaya. Diakuinya, salah satu yang menjadi perhatian konsumen, terutama ibu-ibu terkait dengan biaya pemakaian AC. Dalam ujicoba yang dilakukan Panasonic, Ronny mengaku AC dengan ukuran 1 PK untuk pemakaian delapan jam Rp 8.700/hari.

Selain itu isu ramah lingkungan juga menjadi perhatian Panasonic. Terlebih sejak 2015 lalu Kementrian Lingkungan Hidup sudah mensyaratkan penggunaan refrigerant ramah lingkungan. Itu diperkuat dengan keluarkan surat dari Kementrian Perindustrian nomor 41/M-IND/PER/5/2014 untuk penggunaan bahan ramah lingkungan dan bebas CFC serta HCFC.

“Sejak 2015 AC Panasonic sudah menggunakan R32, refrigerant terbaru untuk mendukung program perlindungan lapisan ozon,” paparnya.

Ronny menambahkan si BiRU juga mewakili kehandalan produk karya anak bangsa sendiri. Menurut dia bersamaan dengan peringatan 60 tahun produksi AC Panasonic di Indonesia.Dengan karya anak bangsa si-BiRU sementara juga baru dipasarkan di pasar domestik.

“Kami ingin buktikan jika karya anak bangsa juga bisa bersaing dengan produk impor,” tegasnya.

Sementara itu Head of Branch Jogjakarta PT Panasonic Gobel Indonesia Adi Martiana menambahkan cuaca ekstrem yang terjadi di DIJ beberapa saat terakhir turut mendongkrak penjualan produk si BiRU. Bahkan dirinya menyebut penjualan selama Oktober lalu dibandingkan September terjadi kenaikan 14 persen.

“Salah satunya karenacuaca panas. Tapi konsumen juga memperhatikan kualitas produk yang tahan segala cuaca,” terangnya.

Untuk produk si BiRU sendiri, jelas Adi, ditawarkan dalam empat pilihan mulai dari 0,5 PK hingga 1,5 PK. Harga jualnya sendiri mulai dari Rp 3,5 juta hingga Rp 3,8 juta. Belum termasuk ongkos pasang. Adi juga mengingatkan saat ini Panasonic memiliki service center di Jogja.

“Jika ada keluhan etrhadap produk Panasonic bisa langsung kontak service center kami,” pesannya. (pra/ong)