KENDALA infrastruktur jalan yang kerap menjadi penghambat juga disentuh, diantaranya jalan masuk ke Pantai Jatimalang telah dilebarkan sehingga memudahkan akses keluar masuk pengunjung ke kawasan pantai. Di objek wisata pegunungan, Gua Seplawan juga dilakukan pelebaran jalan tembus menuju wilayah Kulonprogo untuk memudahkan jangkauan pengunjung dari DIJ.

“Jalan tembus yang saat ini hanya 4 meter, akan dilebarkan sampai 14 meter, sehingga jangkauan dari jalan Menoreh menuju Seplawan akan lebih nyaman,” kata Kepala Dinparbud Purworejo, Agung Wibowo.

DESTINASI WISATA: Bupati Purworejo Agus Bastian dan Wakil Bupati Yuli Hastuti saat Grebeg Ingkung Gunung Condong, Bruno. (HUMAS DAN PROTOKOL SETDA PURWOREJO)

Lebih jauh Agung menyampaikan jika selain menyasar pada peningkatan destinasi wisata, pihaknya juga menggarap beberapa event yang sukses digelar sepanjang 2018.

DESTINASI WISATA: Grebeg Kamardikan peringatan 17 Agustus di Alun-Alun Purworejo. (HUMAS DAN PROTOKOL SETDA PURWOREJO)

Festival Layang-layang yang mengudara di langit Pantai Ketawang dengan peserta dari dalam dan luar negeri. Masih ada juga Grebeg Kamardikan yang dihelat pada Agustus kemarin. Dua kegiatan ini akan menjadi kalender tetap yang dilaksanakan saban tahun.

EVENT SPESIAL: Festival Layang-layang di langit Pantai Ketawang dengan peserta dari dalam dan luar negeri. (HUMAS DAN PROTOKOL SETDA PURWOREJO)

“Kita memang terus mempromosikan potensi wisata dan juga event yang dilakukan. Selama ini memang sudah berjalan dimana setiap ada event kita garap promosinya. Dan tahun depan akan ditingkatkan lagi dengan pelibatan tim IT (informasi teknologi) yang akan khusus menggarap promosi dengan melibatkan komunitas media sosial. Dan secara resmi pula, di tahun ini kita memiliki GenPI atau Generasi Pesona Indonesia yang dikukuhkan langsung oleh Sesmenpar Ukus Kuswara,” imbuh Agung.

Sedangkan di sektor kebudayaan, sepanjang tahun 2018 ini Dinparbud telah melakukan upaya pelestarian dengan meningkatkan intensitas tampil grup-grup kesenian yang ada. Selain itu, pamong budaya yang ada juga lebih sering diterjunkan untuk memberikan pembekalan dan invetaris di perdesaan Purworejo. (***/mg3)