JOGJA – Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY terus melakukan roadshow ke berbagai wilayah. Tujuannya untuk meningkatkan budaya literasi masyarakat. Termasuk pada kalangan pendidik yang ada di wilayah DIY.

Salah satunya dengan menggelar bedah buku tentang Peraturan Gubernur (Pergub) DIY nomor 18 tahun 2018 tentang pedoman penyelenggaraan perpustakaan sekolah pada satuan pendidikan menengah. Acara yang menghadirkan kepala sekolah, guru-guru dan kepala perpustakaan di DIY tersebut digelar di ruang lantai dua Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Rabu (14/11).

Kepala BPAD Monika Nur Lastyani mengatakan bedah buku tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat, terutama warga sekolah supaya paham pentingnya perpustakaan. Harapanya dalam jangka panjang bisa mengajak masyarakat untuk membaca.

“Karena mengajak masyarakat untuk membaca itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena mengajak masyarakat itu sama saja seperti membangun generasi,” paparnya.

Dengan sering membaca, lanjut Monika, maka sebagai pembaca maupun masyarakat akan mendapatkan manfaatnya dikemudian hari.

Dengan adanya Pergub tersebut. Monika juga berharap bisa mendorong berdirinya perpustakaan baru. Termasuk untuk wilyaha pedesaan. Diakuinya salah satu tujuan bedah buku adalah para kepala sekolah dan guru di sekolah pedesaan. Kegiatan serupa akna rutin dilakukan.

“Harapannya setelah pergub ini dibedah nanti mereka akan paham bagaimana cara menyelenggarakan perpustakaan sekolah, bagaimana kami memberikan layanan koleksi dan pengelolaan dan pendanaan,” terangnya. (cr8/pra/by/mg3)