STMIK AKAKOM Jogjakarta kembali melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Ini merupakan program hibah Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) 2018.

Hibah itu berjudul “PKM Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.” Tim pengabdi diketuai Edy Prayitno S.Kom, M.Eng dengan anggota Ilham Rais Arvianto S.Pd, M.Pd.

PKM ini juga melibatkan SMK Muhammadiyah 1 Prambanan dan SMK Tunggal Cipta Manisrenggo, Klaten. Kedudukannya sebagai mitra.

Edy menjelaskan, salah satu kegiatan PKM berupa sosialisasi pemanfaatan internet sehat bagi siswa. Dengan sosialisasi diharapkan dapat membuka wawasan dan pengetahuan terhadap potensi positif teknologi internet. Terutama demi mendukung kesuksesan belajar siswa SMK Muhammadiyah 1 Prambanan dan SMK Tunggal Cipta Manisrenggo.

Selain itu, siswa agar lebih berhati-hati menggunakan internet. “Khususnya media sosial,” ingat Edy. Itu, sambung dia, terkait risiko hukum terhadap penyalahgunaan teknologi informasi dan transaksi elektronik (ITE) sebagaimana diatur dalam UU No. 19 Tahun 2016.

Masih dalam rangkaian PKM, tim pengabdi juga menjalankan beberapa kegiatan. Di antaranya, pelatihan teknologi informasi komunikasi (TIK) dan komputer bagi guru dan karyawan. Materi yang disajikan disesuaikan tugas guru dan karyawan.

Ini dilakukan demi meningkatkan kemampuan guru dan karyawan dalam penggunaan dan pemanfaatan TIK. Khususnya mendukung kegiatan belajar mengajar (KBM) dan penatausahaan administrasi sekolah.

Tim pengabdi juga membantu buku bacaan guna menambah koleksi pustaka. Mengembangkan sistem informasi perpustakaan. Sistem itu diterapkan untuk mengelola transaksi peminjaman dan pengembalian pustaka di perpustakaan kedua sekolah.

Sistem informasi perpustakaan ini menggantikan pencatatan manual. Ke depan menjadi lebih tertib dan dapat meminimalisasi permasalahan atau kesalahan.

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Drs Sukardi menyambut baik dan berterima kasih atas semua kegiatan tim pengabdi STMIK AKAKOM Jogjakarta. “Kerja sama atau pengabdian pada masyarakat ini semoga tetap dapat berlanjut di masa datang,” harapnya.

Hal senada dikemukakan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Tunggal Cipta Manisrenggo Drs Karyadi. “Mudah-mudahan program ini bisa bermanfaat bagi guru ataupun siswa,” ungkap Karyadi. (*/kus/laz/er/mg3)