JOGJA – Sebanyak 193 Taruna Akademi Maritim Yogyakarta (AMY) mengikuti Orientasi Studi Lapangan (OSL) 11-14 November 2018 di Jakarta dan Cilegon, Banten. Kegiatan ini dalam rangka membekali pengetahuan kepada Taruna AMY agar mengenal kondisi pekerjaan di lapangan. Sebanyak 29 dosen pendamping turut serta dalam OSL kali ini yang dilaksanakan di Pelabuhan Cigading Cilegon, Pelindo II Jakarta, penyeberangan Merak-Bakahuni Lampung, dan perusahaan galangan kapal Jakarta.

Direktur AMY Dr Wegig Pratama M.Pd mengatakan, OSL adalah kegiatan kurikuler yang bersifat edukatif dan rekreatif dalam mengenalkan berbagai aktivitas di kapal dan lingkup pelabuhan. “Ini sebagai bagian dalam proses pembelajaran untuk menjembatani pemahaman Taruna AMY terhadap materi kuliah di kelas dengan kondisi nyata di dunia kerja,” ujarnya.

Pesatnya perkembangan dunia kemaritiman dengan segala infrastrukturnya, lanjut Wegig, harus diimbangi penguatan sumber daya manusia. Taruna AMY harus siap menyongsong era industry 4.0 yang mengedepankan percepatan akses dan teknologi digital.

“Melalui OSL diharapkan terbuka wawasan dan cakrawala pemikiran baru tentang teknologi pelabuhan dan pelayaran, sehingga inovasi dapat terus dilakukan. Baik Taruna maupun dosen harus upgrade pengetahuan,” tegasnya di Kampus AMY Sabtu (10/11).

Wegig menambahkan, OSL wajib diikuti Taruna semester tiga dari semua program studi. Mereka terdiri atas Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga (KPN) 110 Taruna, Nautika 35 Taruna, dan Teknika 43 Taruna. “Semakin berkembangnya ilmu dan teknologi pelayaran serta manajemen kepelabuhanan, menuntut AMY meluluskan Taruna/Taruni yang dapat mengikuti perkembangan informasi yang aktual dan terpercaya, sehingga mampu memahami kebutuhan dan menjawab tantangan yang akan dihadapi,” jelasnya.

Dalam setiap penyelenggaraan OSL, lanjut Wegig, alumni AMY yang sudah tersebar dan memegang jabatan penting di berbagai perusahaan besar pelayaran dan pelabuhan memiliki peran yang sangat strategis dalam membantu kelancaran kegiatan. “Ikatan alumni AMY sangat kuat dan solid. Banyak sekali bantuan dan dukungan yang telah diberikan oleh para alumni, sehingga kampus sangat terbantu dan dimudahkan untuk setiap kegiatan lapangan semacam ini,” tandasnya. (sce/laz/ er/mg3)