JOGJA – Wahana hiburan bianglala di Pasar Malam Sekaten 2018 malfungsi. Setidaknya tiga gondola bianglala terbalik. Dalam rekaman video yang beredar di sejumlah grup Whatsapp warga, terlihat masing-masing gondola berisikan pengunjung. Bahkan adapula anak usia bayi di gondola terbawah.

Usai terbalik beberapa orang cekatan mendekati gondola. Mereka segera menolong para pengunjung di dalam gondola. Untungnya peristiwa yang terjadi Minggu malam (11/11) tidak menimbulkan korban jiwa.

“Baru mengecek ini, berkoordinasi dengan intel kami untuk bagaimana nanti. Akan diserahkan ke polresta untuk koordinasinya,” jelas Kapolsek Gondomanan Kompol I Nengah Lotama, Minggu (11/11).

Langkah awal, jajarannya meminta operator menghentikan operasional. Selanjutnya polisi memasang garis polisi mengitari bianglala tersebut. Dia juga meminta jangan ada yang mendekat kecuali personel yang berwenang.

Mengenai sanksi atau unsur kelalaian dia belum bisa memastikan. Hanya saja perwira menengah satu melati ini berjanji akan ada penyelidikan. Terutama terkait penyebab terbaliknya gondola saat beroperasi.

“Sementara ini diberhentikan dulu,  korbannya belum ada, mungkin hanya luka lecet saja. Masih akan koordinasi terkait masalah ini,” katanya.

Humas Basarnas DIJ Pipit Eriyanto turut memberikan informasi. Berdasarkan keterangan rekan di lapangan, penyebab awal diduga terlepasnya kunci gondola. Inilah yang menyebabkan gondola tersebut tidak berputar sempurna.

“Info awalnya itu, kancing kurungan (gondola) lepas. Tidak mengirimkan tim karena langsung bisa teratasi oleh penanggungjawab yang bertugas di lapangan,” ujarnya. (dwi/ila)