Prestasi Timnas Futsal Indonesia setali tiga uang dengan Timnas Sepak Bola di ajang internasional. Kehadiran pelatih futsal asal Jepang, Kensuke Takahashi, diharapkan bisa membawa angin segar.

BAHANA, Sleman

Skuad timnas berhasil melenggang hingga babak semifinal AFC Futsal Championship 2018. Sayang, timnas harus berjumpa lawan berat Thailand di GOR UNY, hari ini. Apapun hasilnya, pantas diapresiasi.

Nah, keberhasilan Indonesia lolos ke babak semifinal tak lepas dari tangan dingin Kensuke. Pelatih asal negeri Samurai ini datang ke Indonesia dengan segudang pengalaman.

Langkah federasi membawa pelatih asal Jepang, bisa dibilang cukup tepat. Indonesia bisa mencontoh bagaimana Jepang, membangun futsal, hingga berprestasi seperti saat ini. Tidak hanya di kawasan Asia. Tapi juga dunia.
Ya, kehadiran Ketsuke ke Indonesia tidak hanya mendompleng nama besar epang. Pengalaman pria kelahiran Hokkaido, 8 Mei 1982 ini disertai dengan segudang pengalaman yang dimiliki.

Ya, Ketsuke adalah jebolan Timnas Futsal Jepang saat berlaga di Piala Dunia 2004 di Taiwan dan 2008 yang digelar di Brasil. Di Brasil, Ketsuke gagal bermain karena mengalami cedera  sebelum laga puncak dimulai.

Bersama Timnas Futsal Indonesia, Ketsuke ingin berbagi pengalaman. Bagaimana sebuah prestasi bisa diraih. Dia menyatakan, tiga hal yang harus ditekankan agar Indonesia bisa meraih prestasi adalah disiplin, fisik, dan taktikal.

”Tiga prinsip itu dulu yang harus dilaksanakan dengan baik,” kata pemain yang sudah memegang 60 caps bersama Timnas Jepang. Para pemain Indonesia, dituntut untuk memiliki disiplin yang tinggi sebagai seorang atlet. Mulai dari latihan serta gaya hidup.

Namun, eks pelatih tim Bardral Urayasu Jepang ini menegaskan, untuk membenahi tiga aspek tersebut tidak bisa dilakukan secara instan. Itulah yang dilakukan oleh Jepang dalam membangun prestasi olahraga.  ”Butuh proses yang sangat panjang,” ujar pelatih yang belum fasih berbahasa Indonesia.

Delapan bulan bersama skuad timnas di Jogjakarta, Kensuke mulai menerapkan nilai-nilai tersebut kepada Bambang Bayu Saptaji dkk. Setidaknya, Kensuke bisa membawa Indonesia lepas dari hasil kelam AFF Futsal Championship 2017 Vietnam karena gagal melanggeng ke semifinal.

Pada AFF tahun ini, Indonesia melanggeng ke semifinal hanya dengan sekali kalah dari Malaysia. Bahkan, Myanmar yang kerap menjadi pesaing berat Indonesia digulung dengan skor meyakinkan 5-1. Bahkan, di laga terakhir menggilas Kamboja dengan skor cukup telah 13-0.

Nah, melawan musuh berat Thailand di semifinal di GOR UNY hari ini, Pemain Jepang pertama yang bermain di Liga Futsal Spanyol ini menegaskan akan memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Syaratnya, para harus bisa memberikan 101 persen kemampuan selama di lapangan. ”Mari fokus memikirkan kemenangan. Saya sudah persiapkan itu,” tegasnya. (din/zl/mg)