GUNUNGKIDUL – Masa jabatan anggota DPRD Gunungkidul periode 2014-2019 tinggal sepuluh bulan. Ada waktu hingga Februari 2019 bagi partai politik (parpol) yang ingin melakukan pergantian antarwaktu (PAW).

Sekretaris DPRD Gunungkidul Agus Hartadi mengatakan, sesuai aturan, PAW paling lambat enam bulan sebelum masa jabatan berakhir.
”Kalau lewat Februari 2019 tidak bisa diproses,” jelas Agus saat dihubungi Kamis (8/11).

Menurutnya, ada serangkaian tahapan dalam pengajuan PAW. Di antaranya, permohonan surat keputusan gubernur. Jadi, jika ada yang mengajukan PAW saat ini, Agus berjanji secretariat DPRD siap memfasilitasinya.

”Kalau ada yang mengajukan maka akan diproses,” ujarnya.

Hingga sekarang, bekas kasat Pol PP ini menyebut, setidaknya ada lima anggota DPRD Gunungkidul periode 2014-2019 yang di-PAW. Sebanyak dua di antaranya dari PDI Perjuangan. Lainnya, masing-masing dari PAN, Partai Demokrat, dan Partai Golkar.

Sementara itu, Ketua DPD PKS Gunungkidul Ari Siswanto memastikan partainya tidak akan ada proses PAW. Internal partai dan fraksi solid. Lima anggota fraksi PKS berkomitmen menyelesaikan tugas hingga akhir periode. (gun/zam/er/mg3)