SLEMAN – Timnas Futsal Indonesia harus menemui jalan terjal di ajang AFF Futsal Championship 2018. Juara bertahan Thailand akan menjadi lawan yang harus dihadapi dibabak semifinal yang akan dilangsungkan di GOR UNY hari ini.

Ya, Thailand memang tampil cukup perkasa sepanjang babak penyisihan dengan raihan sempurna dan menjadi juara Grup B. Sementara itu Indonesia, harus puas berada di posisi runner up dan gagal meraih hasil sempurna setelah dikalahkan Malaysia 5-7.

Bambang Bayu Saptaji dkk dituntut untuk meruntuhkan dominasi Thailand di ajang AFF Championship. Melihat perjalan Indonesia sejak 2003, Indonesia hanya mencatatkan sekali juara di ajang tersebut tepatnya di 2010. Itu pun, dikarenakan Thailand tidka terlibat di ajang tersebut.

Pelatih Indonesia Kensuke Takahashi, mengakui Thailand bukan lawan yang mudah ditaklukkan. Apalagi, mereka memiliki pemain-pemain berkualitas yang mampu membawa Thailand ke ajang Piala Dunia Futsal.

Melihat dominasi lawan yang akan dihadapi, Kensuke meminta kepada para pemainnya untuk mengurangi kesalahan-kesalahan kecil selama jalannya laga. “Mereka bisa memanfaatkan peluang sekecil apapun,” kata Kensuke Kamis (8/11).

Pelatih kelahiran Jepang 36 tahun silam mengaku telah mempelajari gaya bermain calon lawan yang akan dihadapi. Diungkapkan, Thailand memiliki disiplin dan taktikal yang berkualitas. Belum lagi, keberadaan pelatih asal Spanyol, Jose Maria Pazos Mendez, membuat gaya bermain Thailand kental dengan gaya Eropa.”Pola defense mereka, sama dengan gaya Eropa, sangat disiplin,” ungkapnya.

Pelatih Thailand Jose Maria Pazos Mendez, mengatakan, Indonesia adalah lawan yang patut diwaspadai. Terlebih, layaknya deretan laga di fase grup lalu, Indonesia dipastikan kembali mendapat dukungan penuh dari ribuan suporter fanatiknya. “Kami bisa mengalahkan mereka, tapi harus waspada. Mereka punya pemain bagus, saya suka nomor 7 (Syauqi Saud) dan 5 (Al Fajri Zikri),” tegasnya.

Di babak semifinal kali ini, panitia pelaksana tak lagi menggratiskan tiket. Masyarakat kini harus membeli tiket. Media Officer AFF Futsal Ardi Raharjo menjelaskan, pemberlakuan tiket dikarenakan antusias penonton yang hadir cukup tinggi.”Pemberlakuan tiket untuk kenyamanan,” kata Ardi.
Panitia hanya menyediakan 4.000 lembar tiket. Tiket tersebut dijual secara online. “Siapa cepat dia yang dapat karena kami tidak menjual di lokasi,” tegasnya. (bhn/din/zl/mg3)