JOGJA – Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dinilai menjadi momok bagi peserta Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Pemkot Jogja. Banyak peserta yang tidak memenuhi nilai ambang batas karena TKP.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PANRB) Nomor 37/2018, ada kriteria nilai yang harus dilampaui para peserta. Nilai ambang batas SKD pengadaan CPNS 2018 yakni minimal 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 80 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU) dan 143 untuk TKP.

Salah seorang CPNS Muhammad Rizqi Yunanto, mengatakan, butuh waktu setengah menit untuk membaca dan memahami soal. Tak hanya itu, butuh waktu untuk membaca soal yang panjang, jawaban pada TKP pun diakuinya membingungkan. “TKP itu memang jawabannya A sampai E mirip-mirip,” kata pria 28 tahun itu.

Ia pun mengaku gagal pada bidang TIU dan TKP. Pria yang mengambil formasi Pranata Komputer tersebut menambahkan, saat ujian terdapat sedikit kendala dengan koneksi komputer. “Sempat tadi ada blank pada koneksi sekitar tiga menit,” ujarnya. Ia pun menyayangkan hilangnya waktu tiga menit tersebut.

Keluhan serupa juga diungkapkan oleh Afifah Chloe Syacharani. Perempuan asal Klaten ini mengaku soal TKP membuatnya bingung. “Soalnya cukup panjang, tapi waktunya sedikit. Jadi sempat bikin gelo juga sih,” ujarnya. Perempuan 21 tahun itu mengaku butuh kecermatan saat membaca soal-soal TKP.

Sedang Dewi Wahyu Astuti Narindahana menilai waktu yang terlalu cepat cukup membuatnya kebingungan saat mengerjakan soal-soal TKP. Ia pun belum berhasil melampui nilai ambang batas ujian SKD. Kendati demikian, ia tetap semangat dan tak putus asa. “Ini jadi pengalaman pertama buat saya. Coba-coba. Kalau belum berhasil ya sudah,” kata perempuan 29 tahun itu. (cr9/pra/by/mg3)