BANTUL – Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) DIJ punya cara jitu meningkatkan kesejahteraan pekerja. Di antaranya dengan merekomendasikan pemkab agar mendirikan koperasi bagi pekerja.

”Ini salah satu skema pemberdayaan pekerja agar lebih baik,” jelas Wakil Sekretaris Bidang Advokasi KSPSI DIJ Budi Wibawa usai audiensi dengan Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di Kompleks Parasamya Kamis (8/11).

Menurutnya, skema kesejahteraan pekerja tidak cukup diperjuangkan pekerja maupun industri. Pemkab juga harus turun tangan untuk melakukan intervensi. Salah satu caranya dengan memberikan insentif. Itu untuk mendukung kesejahteraan koperasi.

”Jika program ini berhasil, saya yakin kesejahteraan pekerja membaik,” ucapnya optimis.

Cara lain untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja adalah mendorong pemkab agar memudahkan proses perizinan perumahan bersubsidi. Itu untuk memudahkan pekerja mendapat penghidupan yang lebih layak.

”Kuncinya harus menjadi komitmen bersama,” ucapnya.

Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengakui pekerja butuh akses lain untuk meningkatkan kesejahteraan. Koperasi, contohnya. Keberadan koperasi sebagai media untuk mengembangkan pendapatan di luar perusahaan.

Kendati begitu, Halim mengingatkan, koperasi harus berada di wilayah Kabupaten Bantul. Agar pemkab bisa cawe-cawe memajukannya.
”Bagaimana mau mendukung kalau koperasinya di luar wilayah kami,” katanya. (ega/zam/er/mg3)