BANTUL – STTA (Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto) Jogjakarta terus berupaya untuk meningkatkan mutu dan kualitas akademi. Salah satunya menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, antara lain, National Dong Hwa University di Hualien, Taiwan.

Kunjungan ke Taiwan (5/11) itu juga bertujuan memajukan pendidikan dalam bidang teknologi kedirgantaraan. Kunjungan dipimpin Ketua STTA Marsda TNI (Purn) Dr Ir Drs T. Ken Darmastono MSc,   didampingi Wakil Ketua I Dedet Hermawan ST, MT. Ada pun perwakilan dari mahasiswa dua orang, Anika Beatrin Selan dan Retno Pratiwi, mahasiswa Program Studi Teknik Dirgantara.

Anika mengatakan, kunjungan beberapa perwakilan dari STTA diterima dengan baik oleh  National Dong Hwa University. Kedatangan mereka disambut Dean of OIA (Office International Affairs) Yuan-Ron Ma, Academic Affairs Chang-Hsiung Tsai, Director of OIA Vincent Yeh, Student Ambassador Yang-Rong Li, dan perwakilan mahasiswa S3 National Dong Hwa University dari Indonesia Sutrisna.

Di sisi lain, Ken Darmastono mengatakan kerja sama yang dijalin meliputi berbagai aspek. Mulai dari penyelenggaraan seminar, penelitian, pertukaran dosen dan mahasiswa, hingga program beasiswa S2/S3 untuk para dosen STTA. “Harapannya kerja sama ini bisa meningkatkan kualitas tenaga pengajar STTA dan mahasiswa,” ujarnya.

Ken ingin agar perjanjian kerja sama itu mampu menghadapi tantangan era globalisasi. Termasuk dalam bidang kemajuan teknologi dirgantara yang kian berkembang pesat. (cr9/laz/er/mo2)