MAGELANG – Menjadi tuan rumah babak perempat final Liga 1 U-19 tahun 2018, masyarakat pecinta sepak bola di Kota dan Kabupaten Magelang bakal mendapat suguhan tambahan. Salah satu tim yang tergabung dalam Grup A, Persebaya Surabaya, diperkuat pemain asal Magelang, Muhammad Kamaluddin, jebolan SMA 5 Magelang.

“Kamal pemain inti tim. Kalau tidak ada halangan, akan selalu kami mainkan. Mudah-mudahan ini juga mampu menarik minat warga lokal Magelang untuk menyaksikan kami bertanding,” kata Pelatih Persebaya U-19 Uston Nawawi dalam jumpa pers prematch di Hotel Sriti Magelang, kemarin.

Selain Persebaya, tiga tim lain yang akan bertanding di Magelang adalah Persija Jakarta, PSM Makassar, dan Persib Bandung. Mereka akan saling bertemu untuk mencari dua tim terbaik, untuk diadu dengan dua tim terbaik Grup B yang bertanding di Banjarmasin, dalam semifinal. Pertandingan di Grup A akan menggunakan Stadion Moch Soebroto Kota Magelang dan Stadion Gemilang Kabupaten Magelang.

“Kami mengajukan keberatan, tiga pertandingan kami di Grup A ini semuanya di Stadion Gemilang. Kami ingin sekali pertandingan di Stadion Moch Soebroto, karena rumput di Gemilang sangat tebal, jadi susah untuk mengontrol bola. Secara akomodasi juga lebih jauh, karena kami menginap di hotel Kota Magelang,” ungkap Asisten Pelatih PSM Makasar U 19 Usaman Halik.

Persebaya versus PSM akan ditandingkan Rabu sore (7/11) mulai pukul 15.00 di Stadion Gemilang. Sedangkan pertandingan lainnya, dimainkan Persija Jakarta melawan Persib Bandung di Stadion Moch Soebroto, pada jam yang sama.

Pelatih Persib U-19 Budiman Yunus mengaku timnya datang ke Magelang bukan untuk jalan-jalan, tapi mengambil sesuatu yang berarti. “Kami siap bertarung melawan Persija U-19 dengan sportif dan mampu meraih poin penuh. Terpenting, kami siap menampilkan permainan yang menarik. Kami tidak ditarget juara, tapi ditarget mampu memberi kontribusi pemain ke tim senior,” tuturnya.

Ade Candra, pemain Persib juga sepakat timnya akan menunjukkan permainan yang apik. Ia pun mengaku, para pemain tidak dibebani target juara, karena yang penting mampu berkontribusi pada tim senior.

“Kami akan main maksimal dan berharap laga ini mampu membuat tim semakin kompak. Termasuk dapat menyatukan antar-elemen dari pemain, pelatih, hingga suporter,” kata penjaga gawang itu.

Senada dikatakan Asisten Pelatih Persija U-19 Wasiyatul Akmal bahwa liga ini menjadi ajang mempererat tali silaturahmi. Ia pun mendapat motivasi lebih saat dihadapkan dengan tim sebesar Persib Bandung.

“Ini pengalaman baru bagi kami bermain di Magelang. Tentunya pengalaman juga bisa melawan Persib. Secara teknis kami siap menghadapi babak perempat final ini, termasuk para pemain yang siap tempur. Terpenting laga ini dapat mempersatukan kita,” jelasnya.

Ke-4 klub besar ini pun sudah tidak sabar melakoni laga dengan target meraih hasil terbaik. Pertandingan nanti menjadi laga sarat gengsi, tapi mereka sepakat untuk tampil sportif, respect, dan menjanjikan permainan yang enak ditonton. Suporter juga akan mendukung secara penuh.

“Level U-19 dan pemain senior di klub kami hampir setara. Makanya suporter juga akan datang mendukung. Kami minta pihak keamanan untuk bisa mengantisipasi dari kedatangan, pertandingan hingga kepulangan suporter,” tandas Wasiyatul. (dem/laz/by/mg3)