Naik Moge, Wagub DIJ Alami Laka Tunggal

Sempat Pingsan Akibat Terjatuh saat Hindari Mobil Ngluwer

JOGJA – Wakil Gubernur DIJ Paku Alam (PA) X mengalami kecelakaan (laka) tunggal Minggu (4/11) malam. Ketika sedang mengendarai motor gede (moge).

Kabid Humas, Dinas Komunikasi dan Informatika DIJ Iswantoro membenarkan peristiwa tersebut. “Beliau jatuh sendiri. Bukan menggal jalan. Justru beliau berada di jalur lambat,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar Jogja usai menjenguk PA X yang sedang dirawat di RSUP Dr Sardjito Senin (5/11).

Iswantoro menyatakan kondisi PA X baik-baik saja. Tanpa luka atau cedera parah. Hanya lecet ringan. Itu pun sudah hampir sembuh. “Bagus kok (kondisi PA X, Red). Beliau ngendikan (bicara) biasa. Gojegan (bercanda), malah ngendikan, ‘kamu ojo banter-banter (jangan kencang-kencang)’,” ungkap Iswantoro.

Laka tunggal terjadi sekitar pukul 20.00. Peristiwa itu bermula ketika PA X dalam perjalanan pulang dari Kampung Mataraman. Usai menghadiri acara komunitas moge. Melintasi sepanjang Ring Road Selatan ke arah timur.

Radar Jogja memperoleh informasi, laka tunggal yang dialami PA X terjadi di Simpang Empat Giwangan, Kota Jogja. Ketika itu PA X mengendarai sendiri moge-nya. Beriringan dengan dua pengendara moge lain. Dari Kampung Mataraman PA X berkendara ke arah timur. Sampai traffic light Giwangan berhenti saat lampu menyala merah.

“Begitu lampu hijau (PA X, Red) terus tancap gas ke arah timur. Saat yang bersamaan ada mobil ngluwer (mendadak putar arah) di depan pom bensin Giwangan,” ungkap seorang sumber yang enggan dikorankan namanya.

Seketika itu juga PA X mengerem mogenya secara mendadak. Untuk menghindari tabrakan dengan mobil ngluwer yang berada di depannya tersebut. Nahas, PA X malah terjatuh. “Sempat tidak sadar. Namun saat perjalanan ke RSPAU Hardjolukito beliau siuman dan bisa diajak berkomunikasi,” jelas sumber tersebut seraya memastikan saat mengalami laka PA X mengenakan atribut lengkap savety riding. Termasuk helm.

Dari RSPAU Hardjolukito PA X lantas dirujuk ke RSUP Dr Sardjito. Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito membenarkan hal itu. Banu memastikan kondisi PA X sadar dan stabil. Wagub DIJ hanya butuh istirahat dan observasi. “Mohon maaf tidak dapat ditemui,” ungkap Banu lewat keterangan persnya.

Menurut Banu, PA X tiba di Unit Gawat Darurat (UGD) RSUP Dr Sardjito sekitar pukul 12.00 malam. Hingga kemarin, ungkap Banu, sejumlah pejabat teras Pemprov DIJ telah datang menjenguk PA X. Termasuk Gubernur Hamengku Buwono X. PA X ditunggui istrinya, Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GKBRAy) Adipati Paku Alam X.

Tadi malam Radar Jogja berusaha mencari tahu kondisi terkini PA X. Dia dirawat di Suite Room Paviliun Amarta. Namun, sesampainya di tempat tersebut Jawa Pos Radar Jogja tak diperkenankan masuk ruang perawatan. Ada tiga petugas keamanan rumah sakit berjaga di depan kamar. Dan seorang petugas protokoler bernama Bambang. Menurut Bambang, hingga pukul 06.45 kemarin telah banyak pejabat menjenguk PA X.

“Terakhir Kepala Kanwil Kemenag DIJ (Muhammad Luthfi Hamid, Red) yang datang,” ungkapnya. Setelah itu, lanjut Bambang, istri PA X pesan kepada petugas keamanan untuk menunda siapa pun yang ingin besuk. “Agar (PA X, Red) bisa istirahat. Ibu (KGBRAy PA X, Red) juga ingin istirahat,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda DIJ AKBP Yuliyanto membenarkan kasus laka tunggal yang dialami PA X.  “Betul beliau (PA X) mengalami kecelakaan lalu lintas tunggal saat mengendarai sepeda motor. Di kawasan Ring Road Selatan,” katanya.

Yulianto enggan membeber detail kronologi lakalantas yang dialami PA X. Dia memastikan PA X berkendara sendiri. (tif/cr10/dwi/yog/rg/mo2)