Bob James Suguhkan Smooth Jazz Romantis

JOGJA – Pianis legendaris Bob James siap menghipnotis penggemar jazz di Grand Pasific Hall Jogjakarta malam ini (3/11). Peraih Grammy Awards menjadi bintang tamu utama UGM Jazz 2018. Gelaran UGM Jazz kali ke-24 ini turut dimeriahkan diva pop Indonesia Ruth Sahanaya dan musisi kondang Candra Darusman.

“Penggemar musik jazz di Indonesia menggemari jazz yang romantis. Karena itu smooth jazz banyak masuk list dalam penampilan saya,” ungkap Bob James dalam sesi jumpa pers UGM Jazz 2018 (2/11).

Musisi 78 tahun itu mengaku sangat antusias hadir di Jogjakarta. Karena disambut dengan sangat ramah. Dia berjanji menjadikan Jogjakarta sebagai prioritas jika Fourplay, grup musik jazz yang digawanginya bersama Lee Ritenour, Nathan East, dan Harvey Mason, melakukan tour dunia.

Adapun UGM Jazz 2018 akan dibuka dengan penampilan penyanyi Kunto Aji. Uthe, sapaan akrab Ruth Sahanaya, dijadwalkan tampil di sesi kedua bersam musisi Candra Darusman. Sedangkan Bob James tampil di penghujung acara bersama Ron Otis (drums) dan Michael Palazzolo (bas).

“Jadi ada tiga sesi. Mulainya on time pukul 19.30,” ujar Promotor UGM Jazz 2018 A.Tony Prasetiantono di sela jumpa pers kemarin (2/11)

Candra Darusman mengapresiasi UGM Jazz sebagai salah satu event yang mempunyai dampak luar biasa selama tiga dekade. Hingga muncul banyak festival jazz yang terinspirasi UGM Jazz. Sebelumnya UGM Jazz dikenal dengan Economic Jazz. “UGM Jazz dan saya sama-sama merintis sejak 1986. Mudah-mudahan bisa menghibur semua penonton,” harap pianis pendiri grup Karimata dan Chaseiro.

Dalam kesempatan itu Uthe mengungkapkan jika dirinya termasuk penyanyi yang kerap tampil di Economic Jazz. Termasuk pada gelaran pertama 16 November 1987.

“Saya apresiasi karena masih dipercaya untuk mewarnai UGM Jazz. Tidak sabar untuk segera tampil besok (hari ini),” ungkap isteri aktor Jefri Woworuntu.

Uthe menyiapkan sejumlah hits untuk menghibur UGM Jazz malam ini. Di antaranya: Keliru, Masa Kecil, Seputih Kasih, Andaikan Kau Datang, Memori, Tak Kuduga, Sinaran, dan Ingin Kumiliki. Penampilan Uthe akan diiringi band pimpinan Edwin Saladin. Berkolaborasi dengan Candra Darusman.

Terpisah, Show Director UGM Jazz 2018 Stephani Lidya mengatakan, konsep panggung yang diusung tahun ini tak jauh beda dengan Economic Jazz sebelumnya. Hanya lighting dan LED premium lebih ditonjolkan.

“Karena musisi jazz yang tampil berkelas internasional. Kami ingin persembahkan tata lampu panggung yang lebih berkelas,” ujarnya di lokasi konser kemarin. (riz/ita/yog/rg/mo2)