225 Ribu Liter Air 

Tersalurkan ke

Lokasi Kekeringan

MAGELANG – Sedikitnya 45 tangki berisi 225 ribu liter air telah tersalurkan ke daerah terdampak kekeringan di Kabupaten Magelang. Sebagai salah satu organisasi massa yang berbasis olah raga bela diri, Lindu Aji ikut peduli dengan kesulitan  masyarakat yang kekurangan air minum pada musim kemarau ini.

Total sudah ada 23 lokasi dari rencana 27 lokasi di wilayah Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, yang mendapat kiriman bantuan air. Kiriman air bantuan ini dimulai sejak pertengahan bulan lalu.

“Bantuan kami kirim secara bertahap sejak pertengahan Oktober lalu. Sampai sekarang dan beberapa pekan ke depan masih kami salurkan ke daerah yang membutuhkan,” kata Ketua Lindu Aji Magelang Subiyanto Jumat (2//11).

Kepedulian untuk memberi bantuan air bersih, tidak lepas dari keluhan warga yang sudah lama mengalami kekeringan akibat belum turunnya hujan. Kemudian pihaknya berdiskusi dengan para anggota dan memutuskan untuk mengambil dana kas organisasi yang digunakan untuk bantuan ini.

“Awalnya kami galang dana untuk korban bencana gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Ternyata di daerah Grabag yang saudara kita yang membutuhkan bantuan air bersih. Setelah bantuan untuk Palu dikirimkan, kami mulai menyalurkan dana bantuan air bersih ini,” tuturnya.

Dalam penyaluran bantuan air bersih ini, pihaknya dibantu Damkar Kabupaten Magelang. Air dikirimkan hampir setiap hari di lokasi yang membutuhkan secara bergiliran. Di satu lokasi bisa disalurkan 1-4 tangki berisi 5.000 liter/tangki tergantung tingkat kebutuhan.

“Kami menghitungnya satu dusun satu lokasi penyaluran. Di satu dusun itu yang membutuhkan air bersih jumlahnya variatif. Paling sedikit ada sekitar 95 KK dan paling banyak ada yang sampai 600-an KK. Tentu kami sesuaikan jumlah airnya dengan jumlah warga yang membutuhkan ini,” jelasnya.

Menurut Subiyanto, beberapa hari ke depan penyaluran air bersih masih akan dilakukan. Hal ini mengingat masih ada empat  dusun/lokasi yang belum tersentuh, sehingga total dusun yang akan mendapat bantuan sebanyak 27 dusun.

“Kami juga dibantu perangkat kecamatan setempat, termasuk perangkat desa dan dusun, serta Polsek Grabag. Kami tentu sangat berterima kasih atas dukungannya. Dengan bantuan ini, kami harap saudara-saudara kita yang mengalami kekeringan tetap mendapat air bersih untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari,”  tandasnya. (dem/laz/by/mo2)