JOGJA – Memudahkan dalam pembayaran SPP sekolah, Yayasan Santo Dominikus menjalin kerjasama denga PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) untuk menerapkan sistem aplikasi  BNI Education Parental Control atau disingkat BNI eduPATROL.

Dengan aplikasi BNI eduPATROL para orangtua wali siswa SD dan SMP Joanes Bosco Jogja, yang berada di bawah Yayasan Santo Dominikus, bisa membayar SPP melalui BNI Virtual Accounting. Pemimpin BNI Kantor Cabang UGM Suryo Wikanthomo mengatakan dengan aplikasi BNI eduPATROL tagihan hingga pembayaran bisa langsung diakses.

“Pembayaran bisa ke kantor BNI atau melalui sistem pembayaran e-Channel BNI,” ujarnya disela penandatanganan kerjasama antara BNI UGM dengan Yayasan Santo Dominikus Jumat (2/11).

Pria yang akrab disapa Thomo itu menambahkan dalam BNI eduPATROL juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi antara sekolah dengan orang tua wali siswa. Menurut dia aplikasi tersebut tidak hanya untuk pembayaran saja, tapi juga bisa untuk melaporkan kegiatan siswa di sekolah.

“Bisa juga live chat dengan guru kelas masing-masing,” tutur Thomo.

Bahkan, lanjut dia, kedepan sudah disiapkan aplikasi BNI eduPATROL yang diintegrasikan dengan kartu BNI Combo Card untuk tabungan BNI Taplus Anak. Thomo menjelaskan kartu tersebut bisa dimanfaatkan untuk absensi siswa. Termasuk laporan dari jam kedatangan dan pulang sekolah hingga jika ada tugas atau informasi dari sekolah.

“Keberadaan siswa jadi terkontrol orang tua, jam kedatangan di sekolah atau saat pulang juga tugas-tugas di sekolah,” katanya.

Sementara itu Ketua Yayasan Santo Dominikus Suster Maria Patricia Suharyanti menyambut baik kerjasama dengan BNI. Pihaknya berharap aplikasi BNI eduPATROL tersebut bisa dimanfaatkan untuk menunjang pendidikan para siswa.

Sedang Benday Yayasan Santo Dominikus cabang Jogjakarta Suster
Antonella menambahkan BNI dipilih setelah mencari referensi perbankan yang transparan dalam laporan keuangan. Terlebih keberadaan aplikasi BNI eduPATROL juga komplet karena bisa digunakan sebagai saran komunikasi dengan orang tua.

“Sesuai tema kami tahun ini ‘Cinta Kebenaran’, BNI dipilih karena paling sesuai untuk laporan keuangan yang transparan untuk kebenaran yang sesungguhnya,” jelas dia.

Diakuinya selama ini untuk tagihan pembayaran maupun komunikasi dengan orang tua masih dilakukan secara manual atau memanfaatkan grup media sosial. Tapi dengan keberadaan aplikasi BNI eduPATROL dinilainya akan lebih efektif. Termasuk untuk pembayaran tagihan, bisa dihindarkan human eror.

“Selama ini kami manfaatkan grup medsos atau melalui buku penghubung, tapi persoalannya kadang tidak semua sampai ke orang tua,” ungkapnya. (pra/ong)