SLEMAN – Langkah maju dilakukan Pemkab Sleman. Dalam rangka memaksimalkan penyaluran program tanggung jawab sosial perusahaan (TJSP) atau corporate social responsibility (CSR) agar lebih tepat sasaran, Pemkab Sleman membentuk Forum dan Sekretariat Forum TJSP.

Pembentukan Forum dan Sekretariat TJSP ini juga merupakan amanah dari peraturan daerah (perda) nomor 4 tahun 2017 tentang Pengelolaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan peraturan bupati (perbub) nomor 17 tahun 2018 tentang Forum TSJP.

Kemarin, bertempat di ruang orchid The Rich Jogja Hotel susunan forum dan sekretariat Forum TSP dikukuhkan. Pengukuhan ditandai dengan penyerahkan surat keputusan (SK) oleh Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo, MSi.

Sri Purnomo berharap keberadaan forum TJSP ini bisa mendukung program pembangunan di Sleman. Selain itu, keberadaan forum ini juga semakin meningatkan hubungan yang serasi, seimbang antara pelaku usaha di dengan masyarakat di Sleman. ”Sehingga terjadi harmonisasi antara pelaku usaha dengan penerima manfaat,” harapnya.

Ketua Forum TSJP Muhammad Sigit, SE, MM menjelaskan, lembaga ini dibentuk dalam rangka sinkronisasi program antara pelaku usaha dengan pemerintah daerah. Selama ini, lanjut Sigit, sering terjadi tumpang tindih antara program pemerintah dengan program sosial perusahaan.

”Nah dengan adanya forum ini yang berada dibawah pengawasan pemda, diharapkan ke depan over laping tidak terjadi. Sehingga program bantuan dari perusahaan bisa tepat sasaran,” terangnya.

Selain itu, forum ini dibentuk bertujuan juga untuk mensinkronkan program sosial antar perusahaan. ”Sama selama ini juga terjadi penumpukan bantuan sosial sehingga tidak sedikit eleman masyarakat yang seharusnya berhak menerima manfaat karena terjadi penumpukan ini,” paparnya.

Dijelaskan Sigit, pengurus forum ini ada 23 perwakilan perusahaan di Sleman. Sedang untuk anggota forum adalah seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Sleman. ”Karena ini amahah perda. Jadi semua perusahaan berdomisili di kabupaten Sleman notabenenya adalah anggota forum. Dan nanti kedepan kita akan kumpulkan semua anggota sehingga saling mengenal satu sama lain,” tandasnya. (sam/ila)