SLEMAN – Tim Progo Sakti Polda DIJ bersama Reskrim Polsek Depok Barat menangkap seorang anggota komplotan pencurian spesialis kontrakan dan kos. Pria berinisial SIK, ditangkap atas kasus pencurian di Asrama Putra Lasinrang Sulawesi Selatan. Dari pelaku disita barang bukti berupa gawai merk Vivo.

Radar Jogja sempat mendatangi lokasi pencurian di kawasan Nologaten Caturtunggal Depok Sleman. Salah satu korban Warham, 22, membenarkan adanya peristiwa tersebut. Aksi pencurian memanfaatkan kelengahan penghuni asrama.“Kejadiannya sekitar subuh dan sangat cepat. Jedanya saat penghuni asrama menunaikan salat Subuh di masjid dan kembali lagi ke asrama,’’ jelasnya ditemui di asrama Lasinrang, Rabu (31/10).

Pria kelahiran Pinrang Sulawesi Selatan ini tidak menyangka ada aksi pencurian. Terlebih saat itu dia juga berada di kamar yang sama. Hanya saja dia dan seorang sahabatnya Miftahul Awal Rahman, 17, tengah tertidur pulas.

Warham menuturkan pelaku beraksi di dua kamar. Usai menggasak Iphone 6 Plus, Samsung J6 dan sebuah gawai merk Oppo A37, pelaku berpindah kamar. Kamar kedua, pelaku berhasil menggasak sebuah  laptop merk Asus, Oppo A37 dan Vivo V7.

Aksi pencurian baru diketahui setelah penghuni kamar kedua, Andyka Aminuddin, Awaluddin Najamuddin dan Muhammad Fardi Aksa Usman membangunkan dirinya. Saat akan mengecek gawai masing-masing ternyata sudah raib.” Saya dibangunkan dan ternyata handphone saya dan teman saya juga hilang. Total kerugian lebih dari Rp 20 juta,” ujarnya.

Para penghuni asrama menduga pelaku telah mengawasi dan mempelajari lokasi. Terlebih aksi berlangsung dalam waktu relatif singkat. Bahkan aksi tersebut tergolong nekat karena kedua kamar berada di lantai dua.

Usai beraksi, pelaku langsung meninggalkan asrama. Bahkan pelaku tidak beraksi di kamar lainnya. Dia juga menduga pelaku pilih-pilih saat mencuri. Terbukti dari beberapa gawai di kamar hanya seri tertentu yang dibawa kabur.  (dwi/din/zl/mo2)