JOGJA – Membantu para penyandang disabilitas untuk mengakses layanan kesehatan sekaligus bantuan alat bantu untuk yang membutuhkan, diadakan kembali Pelayanan Jaminan Kesehatan Khusus (Jamkesus) Terpadu di Rumah Sakit Dr Sutarto Rabu (31/10).

Disebut terpadu karena selain pemeriksaan kesehatan juga perbaikan alat bantu hingga pemberian pelatihan dari Dinas Sosial bagi penyandang disabilitas.

Menurut Kepala Rumah Sakit Dr Sutarto Letkol Firni Sagita Ismayawati kegiatan merupakan kegiatan yang ketiga kalinya. Harapanya pihak terkait bisa menjaring apa yang dibutuhkan para penyandang disabilitas dalam hal kesehatan. Mengingat selama ini para penyandang disabilitas kurang mendapat perhatian dalam bidang kesehatan.

“Di sini selain memeriksa para pasien secara keseluruhan. Kami juga mendengar keluhan para penyandang disabilitas,” jelasnya.

Sedang Kepala Bidang Advokasi dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kota Jogja Tri Maryatun menambahkan selain mendapat layanan dan perawatan bagi penyandang disabilitas yang memiliki masalah kesehatan, para pasien juga diberikan bantuan berupa alat bantu. (cr5/pra/zl/mo2)