JOGJA – Marching Band Atma Jaya (MBA) kembali membanggakan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Kali ini, MBA membawa pulang tujuh piala sekaligus dari Kejurnas Drum Band/Marching Band Antar Club Hamengku Buwono (HB) Cup 2018.

Jumlah anggota tim yang turut menyukseskan MBA mulai dari latihan awal hingga terjun dalam kompetisi ini adalah 141 orang yang terdisi dari 106 pemain musik battery, brass, pit, dan color guard, serta 35 tim teknis.

Kepala Humas, Sekretariat, dan Protokol R.A. Vita N.P.A mengatakan, mengambil judul “Allegiance” dalam mata lomba display, MBA ingin menyampaikan pesan kesetiaan, ketekunan, dan keyakinan. Aransemen musik secara keseluruhan dikerjakan mandiri oleh tim teknis.

Paduan musik dan koreografi “Allegiance” membuat para juri menetapkan MBA sebagai Juara 1 Best Field Commander, Juara 1 Music Percussion, Juara 1 Color Guard, Juara 1 Visual Effect, Juara 1 General Effect, Juara 2 Music Wind dan Juara Umum Hamengku Buwono Cup 2018. Dengan ini MBA mendapat kehormatan untuk menerima Piala Raja Hamengku Buwono X.

Ketua Managerial MBA Gregorius mengatakan, persiapan MBA sudah dilakukan cukup lama sejak Januari hingga Oktober 2018. “Persiapan cukup ketat dan disiplin. Tantangannya cukup berat terutama pada jadwal kuliah yang cukup padat, tapi yang kami yakini adalah kami harus saling menyalurkan semangat, tekun, setia, dan membangun mental,” ujarnya.

Hamengku Buwono (HB) Cup merupakan salah satu kompetisi marching band bergengsi yang diselenggarakan oleh Pemprov DIJ setiap tahunnya. Tahun ini HB Cup menjaring peserta skala nasional dari tingkat pelajar (SD, SMP, SMA/SMK), mahasiswa, dan instansi pemerintahan. Mata lomba yang diadakan, adalah street parade sepanjang jalan Malioboro dan display di GOR Amongrogo. (ila)