• PS Tira Belum Aman dari Zona Degradasi

BANTUL – Kemenangan besar PS Tira atas Persela Lamongan, Minggu (28/10) menjadi modal positif sebelum melakoni laga away ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (5/11) mendatang. Di pekan ke-28, The Young Warriors- julukan PS Tira sudah ditunggu Barito Putra di Stadion 17 Mei, Banjarmasing.

Ya, kemenangan atas Persela Lamongan menjadi tonggak bagi The Young Warriors untuk terus menjaga konsistensi, dalam upaya bertahan di zona aman. Dalam lima laga tandang yang dilakoni, Manahati Lestusen dkk mampu mencuri lima poin hasil sekali menang, dua kali seri, dan dua kali kekalahan.

Dari laga away, tercatat PS Tira mempu mencuri poin dari tim yang secara peringkat berada di atas.  Bajul Ijo –julukan Persebaya Surabaya dipermalukan di depan pendukungnya saat bermain di Stadion Gelora Bung Tomo. Bahkan yang mengejutkan, The Army kembali mencuri poin saat melakukan lawatan ke klub asal Pulau Dewata, Bali United dengan skor kacamata.

Pelatih PS Tira Nil Maizar menyatakan kemenangan laga terakhir menjadi modal di pertandingan berikutnya. Menurutnya, anak asuhnya telah menunjukkan karakter bermain sesuai yang diharapkan.

”Mereka bisa menang dengan cara meyakinkan, tandanya kepercayaan dan jati diri mereka sudah mulai terlihat. Tinggal di teruskan di laga-laga sebelumnya,” jelas Nil.

Ya, konsistensi menjadi persoalan yang kerap hinggap dalam diri Aleksandar Rakic dkk. PS Tira kerap kali kehilangan poin secara percuma di kandang sendiri. Terakhir, PS Tira harus menelan kekalahan dari PSIS Semarang di Stadion Sultan Agung (SSA). Padahal, selama 90 menit mereka menguasai laga.

Nil mengaku cukup senang para pemain kembali menunjukkan taji saat bermain di kandang sendiri. Termasuk striker Aleksandar Rakic, di laga terakhir menyumbangkan sebiji gol melalui tendangan bebas. Berkat torehan satu golnya, koleksi gol Rakic hanya hanya berselisih satu saja dari striker Persebaya Surabaya, David da Silva, yang sudah mengemas 15 gol.

Hingga laga ke-27 PS Tira belum benar-benar aman dari zona merah. Dengan raihan 32 poin, PS Tira kini betengger di peringkat ke-15. Posisi PS Tira masih bisa di kangkangi tim yang ada di bawahnya. PS Tira hanya memiliki margin dua poin saja dengan tim tertatas zona merah, Sriwijaya FC.  (bhn/din/fj/mo2)