BANTUL – Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) Desa Wisata Gunung Wangi punya cara tersendiri memperingati Hari Sumpah Pemuda. Bekerja sama dengan relawan Kecamatan Piyungan, pokdarwis kemarin (29/10) membentangkan bendera merah putih raksasa berukuran 27 X 18 meter di atas bukit.

Ketua II Pokdarwis Sugiman mengatakan, pembentangan bendera raksasa di atas ketinggian 900 di atas permukaan laut juga bertujuan untuk mendongkrak kunjungan wisatawan. Apalagi, objek wisata Gunung Wangi baru dibuka enam bulan yang lalu.

”Kalau hari Minggu sudah banyak pengunjungnya,” jelas Sugiman.

Dengan peringatan ini, Sugiman berharap para pemuda tergerak memegang nilai-nilai kebangsaan sekaligus mengisi kemerdekaan dengan beragam agenda. Seperti bergotong royong mengembangkan potensi desa.

”Podo nyengkuyung. Guyub dan rukun,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo berharap momen peringatan Sumpah Pemuda dapat menarik pengunjung. Dengan begitu, pengunjung tidak hanya menikmati panorama alam. Melainkan juga ikut memperingati hari bersejarah itu.

Ketika disinggung mengenai Gunung Wangi, bekas camat Sewon ini menegaskan, dinas mendorong pengembangan objek wisata berbasis masyarakat. Sebab, pengembangan destinasi yang juga disebut dengan community based tourism ini melibatkan seluruh elemen masyarakat, sehingga cepat berkembang.

”Tugas pemerintah memberikan dukungan dan melakukan pembinaan,” katanya.

Kendati begitu, Kwintarto berharap pokdarwis tidak hanya meningkatkan potensi wisata.

Melainkan juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Terutama, para pemudanya. (cr6/zam/er/mo2)