Ada yang istimewa dalam upacara  peringatan Hari Sumpah Pemuda yang diselenggarakan Polres Purworejo di halaman mapolres setempat Senin (29/10). Kapolres memberikan penghargaan khusus kepada anak buahnya dan pihak lain yang dinilai banyak memberikan kontribusi untuk tugas-tugas Polri.

BUDI AGUNG, Purworejo

Kiprah Bambang Gatot Seno Aji, kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Purworejo mendapat apresiasi dari Kapolres AKBKP Teguh Tri Prasetya.  “Pak Gatot banyak mendukung tugas-tugas Polres Purworejo di bidang kesatuan bangsa dan perpolitikan,” kata Teguh usai memimpin upacara.

Selain Bambang Gatot, Kapolres juga memberikan penghargaan bagi anggotanya, yakni Kapolsek Bayan AKP Suryanto serta Kasatlantas AKP Nyi Ayu Fitria Facha. Khusus untuk Suryanto, Teguh menyebut yang bersangkutan memiliki dedikasi tinggi dalam perjalan pengabdiannya.

“AKP Suryanto hampir memasuki purna tugas, namun dirinya selalu menunjukkan totalitasnya dalam melaksanakan tugas,” tambah Kapolres.

Totalitas inilah yang harus dicontoh junior AKP Suryanto di jajaran Polres Purworejo. Di mana mereka masih memiliki masa yang sangat panjang dalam pengabdiannya di jajaran Polri.

Sedangkan sosok AKP Nyi Ayu Fitria, menurut Kapolres, adalah contoh sosok muda dan belum lama melaksanakan tugasnya di jajaran Polres Purworejo. Dalam waktu yang relatif sebentar, Kasatlantas telah mampu meluncurkan sejumlah program inovatif di bidang lalu lintas.

“Salah satu yang baru saja dilakukan seperti Safety Riding for Santri. Ini program terobosan dalam upaya mewujudkan keselamatan dan ketertiban berlalu lintas dan menekan angka lakalantas,” tegas Teguh.

Bambang Gatot sendiri saat dimintai keterangannya mengatakan, sebenarnya yang dilakukan merupakan tugas dan fungsi yang harus dijalankan oleh OPD-nya. Hanya saja memang banyak kegiatan yang bersinggungan dengan kepolisian, khususnya di bidang intelijen daerah di mana keduanya saling berkomunikasi secara intens.

“Yang lainnya mungkin saja, kami banyak menggelar kegiatan di mana merangkul seluruh elemen yang ada di masyarakat. Intinya kami berterima kasih kepada Kapolres, ini akan menjadi lecutan bagi kami untuk lebih baik lagi,” papar Gatot.

Kasatlantas AKP Nyi Ayu juga menyampaikan kebanggaannya saat dikonfirmasi. Ia mengaku bangga atas penghargaan yang diterimanya langsung dari Kapolres. Adanya apresiasi itu semakin memotivasi untuk mengembangkan inovasi Safety Riding for Santri yang telah berjalan serta menciptakan inovasi-inovasi berikutnya.

“Untuk Safety Riding for Santri ini kami masih merambah sekitar tiga pondok pesantren dan perwakilan santri. Harapannya para santri bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” kata Nyi Ayu. (laz/fj/mo2)