Pasar Prawirotaman Disiapkan Dukung Pariwisata

JOGJA – Berada di kawasan yang sering dikunjugi wisatawan mancanegara (wisman), membuat Pasar Prawirotaman Jogja menjadi salah satu sasaran yang akan direvitalisasi. Termasuk penambahan fasilitas lift hingga ekskalator.

Kepala Seksi Penataan Lahan Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Jogja Sri Riswanti mengatakan Pasar Prawirotaman sudah sangat perlu direvitalisasi. Terlebih dari segi umur bangunan dan kapasitas pasar yang sudah melebihi batas. Selain itu nantinya juga pasar ini juga dilakukan penataan parkir.

“Di sana tidak ada lahan parkir, kalau parkir di badan jalan, sehingga lalu lintas jadi lebih padat,” ujarnya Senin (29/10).

Pasar seluas sekitar 3.000 meter persegi itu nantinya akan dibangun empat lantai untuk disasarkan untuk 619 pedagang pasar. Ditambah juga akan dilengkapi fasilitas lift kebakaran, lift pengunjung, lift barang, dan juga eskalator.

“Tampilan pasar nantinya juga pasti berubah. Mengingat Prawirotaman itu kan kawasan wisata,jadi nanti juga kita petakan potensi yang ada disana,” tambahnya.

Riswanti juga berharap di pasar Prawirotaman bisa disediakan co-working space mengingat jumlahnya yang  masih sedikit.  Sehingga pasar tradisional tidak hanya sebuah pasar namun juga sebagai lahan bisnis yang modern.

Rencananya di pasar ini akan dibangun rooftop yang akan diisi dengan kuliner. Sehingga nantinya juga diharapkan bisa meningkatkan industri kreatif. “Untuk anggaran disiapkan sekitar Rp 74,9 Milyar yang diambil dari Dana Alokasi Khusus pemerintah pusat,” ujarnya.

Sebelumnya Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi mengaku sudah mendapat lampu hijau dari Presiden Joko Widodo saat pertemuan di Jogja beberapa waktu lalu. HP menyebut revitalisasi pasar Prawirotaman dikonsep mendukung kawasan pariwisata di sana. “Tapi tentu tanpa meninggalkan fungsi utamanya sebagai pasar tradisional dan layanan ke masyarakat sekitar,” paparnya. (cr5/pra/zl/mo2)